Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Journey To a Healthier Lifestyle with Alina Bramanto

    Journey To a Healthier Lifestyle with Alina Bramanto

    September 30, 2021

    10.5 Min Read

    Journey To a Healthier Lifestyle with Alina Bramanto

     

    Perjalanan dalam memulai kebiasaan baru tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Memulai sesuatu yang baru membutuhkan niat dan juga kesiapan untuk menghadapi setiap tantangannya. Hal ini juga berlaku dalam memulai hidup sehat. Tidak mudah, dan pastinya banyak godaan yang harus dilewati. Tapi, demi tubuh yang lebih sehat dan bugar, hal ini berhasil dilalui oleh Kawan Mula Alina Bramanto, atau lebih akrab dipanggil Alina. Sebagai seorang ibu dari 2 anak, seorang professional MC dan Social Media Specialist di salah satu perusahaan TV Home Shopping korea, Alina berhasil membangun kecintaan dalam berolahraga. Yuk, simak cerita inspiratifnya.

     

    Awal Jatuh Cinta Pada Olahraga

    Berawal pada tahun 2016, ketika Alina sedang sibuk mengurus rumah dan anak, kondisi tubuh waktu itu membuatnya mudah lelah. Pada suatu saat, Alina dikenalkan dengan olahraga oleh kakak sepupunya, hingga akhirnya jatuh cinta dengan olahraga lari dan memutuskan untuk ikut klub lari dan berbagai kegiatan lari lainnya.

    Alina: “Berat badan saya waktu itu hampir mencapai 90 kilo dan terasa berat sekali untuk mengurus rumah, mengurus anak dan untuk bergerak. Badan terasa sekali mudah lelah…. kemudian kakak sepupu saya memperkenalkan saya pada olahraga lari dan memutuskan untuk ikut lomba lari charity sejauh 5 kilometer, waktu itu 5 kilo pertama saya tempuh hampir 1 jam (hanya mampu berlari 1 kilometer dan sisanya jalan), tidak lama saya jatuh cinta dengan olahraga lari dan memutuskan untuk join di  salah satu klub lari hingga saat ini…… perjalanan tidak mudah sampai tahun lalu saya memutuskan mengikuti sebuah kompetisi lari ultra marathon sejauh 86 kilometer dalam waktu tempuh 15.5 jam untuk charity di NTT dalam pengadaan air bersih dan gender equality oleh sebuah yayasan NGO di Indonesia.”

    Motivasi Mengubah Gaya Hidup

    Bermula dari kecintaannya pada olahraga lari, Alina akhirnya juga mulai mengubah pola makannya dan pola hidupnya menjadi lebih sehat. Banyak manfaat yang juga dirasakan setelah menjalani pola hidup yang baru.

    Alina: Pola makan dan pola hidup saya berubah sejak saya mengenal olahraga lari dari tahun 2016, saya mulai menghitung kalori, menghindari makanan dan minuman manis, setiap hari pergi ke Gym dan berlatih dengan komunitas, berat badan saya pun menyusut hingga 58 kilogram. Tentunya banyak manfaat yang saya dapatkan, nafas menjadi lebih ringan, tidak mudah lelah, pola tidur lebih teratur, dan ketika kemarin terkena Covid, recovery pun lebih cepat dan tergolong OTG. Saat ini selain berlari saya juga aktif Crossfit, dan yoga. Motivasi utama adalah lebih sehat dan lebih kuat, jadi langsing bonusnya.

    Is It Difficult? Of Course, it is.

    Memulai kebiasaan baru juga ternyata tidak mudah bagi Alina. Dari yang biasanya bisa makan bebas, jadi lebih dibatasi. Belum lagi aktivitas fisik yang membuat tubuh harus bekerja lebih keras. Namun, dengan niat dan tujuan yang jelas, kebiasaan tersebut akhirnya terbentuk dan menjadi lebih mudah dijalani.

    Alina: “Yes, susah banget, dari yang biasa kita makan bebas sebebas-bebasnya jadi dibatasi. 1 - 2 minggu pertama susahnya minta ampun, dipakai lari di treadmill 5km rasanya mau pingsan. Tapi setelah 1 - 3 bulan pola hidup sehat sudah terbentuk, semua menjadi lebih mudah dan habit itu terbawa sampai sekarang. Memulai konsisten olahraga juga tidak mudah. Tapi ketika kita punya goals, niat itu jadi terbangun dan sekarang kalau absen 1 hari ga olahraga rasanya badannya ga enak, sudah mulai kecanduan olahraga hehe”

     

    Cara Rutin Berolahraga

    Membangun rutinitas olahraga biasanya terasa sangat berat ya, Kawan Mula. Menurut Alina, yang harus dilakukan pertama adalah dengan mengenali tubuh kita sendiri dulu. Ketahui dan kenali kebutuhan kalori dan fitness tubuhmu dulu. Tapi yang paling penting adalah, miliki niat.

    Alina: “Biasa yang harus ada adalah Niat, soalnya walaupun sudah punya goal rasa malas itu sering datang bertubi - tubi. Bahkan sampai sekarang pun saya masih suka malas, tapi karena niat nya lebih besar jadi malasnya di lawan. Dulu awal - awal saya mengurangi porsi makan, coba ganti nasi putih sama karbo kompleks seperti ubi dan kentang. Kemudian perbanyak konsumsi  protein dan sayur semuanya saya kukus. Alternatif bisa memakan buah yang mengandung banyak air itu membuat kenyang lebih lama. Saya menghindari gorengan, tetap makan 3x, dan perbanyak minum air putih. Mungkin kalau sekarang banyak alternatif katering diet ya hehe. Cuma kalau saya , saya lebih suka bikin sendiri di rumah, lebih hemat juga dan yang pasti setiap hari lari 5 kilo atau mencari olahraga yang disukai. Olahraga juga bisa bikin glowing awet muda.”

     

    Cara Tetap Konsisten

    Setelah berhasil memulai, mempertahankan atau tetap konsisten menjalankan pola hidup sehat menjadi langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Apakah hal ini lebih mudah? Bisa berbeda-beda tergantung setiap orang ya. Menurut Alina, godaan paling berat saat di rumah adalah malas bergerak dan ngemil. Gimana ya cara Alina tetap konsisten menjalani pola hidup sehatnya?

    Alina: “Biasanya godaan paling berat kalau di rumah adalah mager dan ngemil. Sebenarnya asal kenyang pasti kita ga bakal ngemil lagi hehe. Boleh juga makan nya dikit - dikit tapi sering, 5x sehari, porsinya sepertiga porsi normal kita makan. Kalau di rumah, saya sekarang suka membekali dengan peralatan - peralatan olahraga seperti dumbell, kettlebell, dan jump rope, atau lari di komplek biasanya, supaya juga lebih aman ya dalam masa pandemi ini. Kebetulan di komplek rumah saya ada kolam renang dan mini gym jd kadang saya lari di treadmill sambil lihatin anak-anak renang. Jadi bisa quality time juga, atau jalan pagi sama anak-anak biar ga main gadget terus hehe.”

     

    Nah, sudah mulai terinspirasi belum nih untuk membangun pola hidup sehat dan rutinitas berolahraga? Perasaan malas dan sulit memang sulit dihindari, tapi bukan tidak mungkin untuk dilewati. Menurut Alina, kita bisa memulai dari menyempatkan olahraga setiap hari minimal 30 menit, bisa coba ikuti video olahraga online juga kalau bingung mau mulai darimana. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan selama pandemi ini. Satu kalimat yang menjadi motivasi Alina adalah “Exercise is a celebration of what your body can do, not a punishment for what you ate.” Yuk mulai hidup sehat ditemani dengan produk-produk sehat berkualitas dari awalmula.co.id!