Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Kacang Kenari, Biji-Bijian Sehat Kaya Manfaat dan Cocok untuk Diet

    September 20, 2021

    6.4 Min Read

    Kacang Kenari,  Biji-Bijian Sehat Kaya Manfaat dan Cocok untuk Diet

     

    Kacang-kacangan adalah salah satu jenis makanan dengan kadar nutrisi yang lengkap. Kacang-kacangan dapat mengganjal lapar karena kacang kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satu jenis kacang yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh adalah kacang kenari. Apakah Anda pernah mencoba kacang berukuran mini ini? Jika belum, Anda wajib mencobanya sekarang! Kacang kenari adalah tanaman yang dihasilkan pohon kenari, dan merupakan tanaman endemik dari Amerika Utara. Walaupun endemik, kacang kenari saat ini dapat dengan mudah dijumpai di Cina, Iran, California, dan Arizona. Selain itu, kini sudah dijual dengan berbagai varian rasa yang nikmat seperti rasa original, panggang, dan rasa asin.

     

    Kacang kenari adalah sumber lemak, protein, serat dan menyehatkan, karena mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan hati, tulang, dan manfaat tubuh lainnya. Setiap 30 gram biji kacang kenari punya segudang gizi, seperti energi 200 kalori; 3,89 gram karbohidrat; 1 gram gula; 2 gram serat; 5 gram protein; 20 gram lemak; 20 milligram kalsium; dan 0,72 zat besi. Tak hanya itu, kacang kenari juga terdapat gizi lainnya seperti mangan, magnesium, fosfor, vitamin B6, asam lemak omega 3, dan protein.

     

    Nah, buat Anda yang lagi dalam masa diet, sangat cocok untuk mengonsumsi kacang kenari sebagai camilan, karena kombinasi lemak sehat, protein, dan serat dalam kacang kenari bisa membantu tubuh Anda terasa kenyang lebih lama. Kacang kenari juga kaya akan antioksidan sehingga mampu membantu tubuh melawan dampak negatif radikal bebas. Manfaat kacang kenari untuk kesehatan juga bisa untuk menyehatkan jantung, otak, dan tulang. Dari berbagai kandungan gizinya yang nomor satu, simak juga beberapa manfaat kacang kenari yang tidak boleh dilewatkan berikut ini:

     

    Mengurangi Peradangan

    Peradangan dalam tubuh dapat memicu stres oksidatif yang akhirnya menyebabkan gangguan atau kerusakan pada sel dan jaringan. Dari peradangan tersebut bisa mengakar ke berbagai penyakit kronis seperti penyakit kanker, jantung, diabetes, dan alzheimer. Kacang kenari mengandung satu jenis polifenol yang disebut ellagitannin. Ellagitanin akan diubah oleh bakteri baik di dalam usus menjadi senyawa urolithin, yang dapat melindungi tubuh dari peradangan dan stres oksidatif. Selain ellagitannin, kacang kenari juga memiliki kandungan lemak omega-3, magnesium, dan asam amino arginin yang mampu mengurangi peradangan dalam tubuh.

    Mengurangi Risiko Kanker

    Kacang kenari jika dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi risiko kanker tertentu, karena memiliki sifat anti peradangan, pastinya perlu dikonsumsi dengan gaya dan pola hidup sehat. Kacang kenari terdapat bioaktif seperti phytosterol, gamma-tokoferol, asam lemak omega-3, asam ellagic, dan antioksidan termasuk polifenol bantu mencegah kanker. Kacang kenari menghasilkan urolithin, yang memiliki sifat seperti hormon yang bisa memblokir reseptor hormon di tubuh. Urolithin dapat membantu mengurangi risiko kanker terkait hormon, khususnya kanker payudara dan prostat.

    Membantu Program Diet

    Walaupun kacang kenari tinggi lemak, tapi Anda perlu tahu kalau kacang ini tinggi akan lemak tak jenuh yang sehat dan aman untuk berat badan. Jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat, salah satu manfaat kacang kenari ialah dapat membantu mengendalikan nafsu makan Anda, lho!. Biji-bijian satu ini padat akan kalori sehingga bisa membantu Anda menahan lapar. Penelitian juga menunjukkan energi yang diserap kacang kenari hanya 21%, sehingga kacang ini cocok sebagai makanan diet. Anda bisa mengombinasikan kacang kenari dengan menu-menu diet mulai dari appetizer hingga dessert.

    Kesehatan Otak

    Manfaat kacang kenari lainnya adalah baik untuk kesehatan otak, seperti mampu meningkatkan kerja fungsi otak. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang kenari bisa meningkatkan daya tangkap, dari sisi peningkatan dalam memori, penangkapan reaksi non-verbal, dan mood emosional, wah, cocok banget nih buat kaum moodie, tapi tidak begitu signifikan, yaa. Semua manfaat kacang kenari tersebut didapat dari lemak tak jenuh ganda, polifenol dan vitamin E, yang dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan otak.

    Menurunkan Kolesterol

    Kandungan asam lemak dan jenuh tunggal dan gandanya baik untuk kesehatan otak dan berat badan. Di samping itu, juga mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau trigliserida pada darah dan meningkatkan kolesterol baik. Penurunan kolesterol jahat ini sangat baik karena bisa menghindari dari penyakit berbahaya, seperti stroke, kardiovaskular dan serangan jantung koroner. Kacang kenari juga bisa meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan asam lemak omega-3, antioksidan dan proteinnya dapat membuat jantung lebih sehat dan kuat.

    Baik untuk Pencernaan

    Kacang kenari apabila dikonsumsi setiap hari bermanfaat untuk menjaga pencernaan, karena, kacang kenari memiliki senyawa yang menambah jumlah bakteri yang memproduksi lemak butirat yang memberikan nutrisi untuk pencernaan. Cara mengonsumsi dan mengolah kacang kenari ini bisa dimakan secara utuh atau menjadi campuran dengan makanan lain seperti jus buah, smoothies, es krim rendah lemak, dan oatmeal.  Namun, agar kacang kenari tetap bagus untuk dikonsumsi, pastikan untuk tidak menggunakan garam tambahan yaa, alih-alih agar terasa lebih gurih, ini bisa menyebabkan Anda jadi mengonsumsi kadar garam yang berlebih sehingga berpotensi risiko hipertensi.

     

    Setelah mengetahui banyak sekali manfaat kacang kenari. Jadi semakin penasaran untuk mencobanya sebagai camilan sehat untuk diet, bukan?. Kini Anda dapat menemukannya dengan mudah di berbagai supermarket, toko bahan makanan, hingga di currated healthy food e-commerce Awal Mula. Yuk, mulai konsumsi kacang kenari dengan jumlah takaran yang pas sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

    Produk Olahan Kenari Sehat dari Awal Mula!