Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Gula Kelapa dan Manfaatnya untuk Penderita Diabetes

    December 14, 2021

    7 Min Read

    Gula Kelapa dan Manfaatnya untuk Penderita Diabetes

    Dalam penelitian yang diterbitkan secara online oleh A. Nurhadi (Universitas Diponegoro), gula kelapa atau lebih dikenal sebagai gula jawa merupakan hasil dari pengolahan nira kelapa dan memiliki cita rasa yang khas sehingga penggunaannya tidak dapat digantikan oleh jenis gula yang lain. Gula kelapa berfungsi untuk memberikan kesan warna coklat disamping memiliki fungsi utama sebagai pemanis alami pada makanan. Berdasarkan artikel di Tribun Kesehatan, disebutkan bahwa Gula kelapa terbuat dari nira kelapa yang didehidrasi dan direbus.

     

    Gula kelapa menawarkan lebih banyak vitamin dan mineral daripada gula pasir putih. Gula kelapa juga mengandung vitamin C, kalium, magnesium, kalsium, besi, tembaga, dan fosfor. Selain itu, memiliki sejumlah kecil fitonutrien, seperti flavonoid, polifenol, dan antosianin. Gula kelapa dikatakan lebih unggul dibandingkan pemanis lainnya karena tidak dimurnikan atau diubah secara kimiawi dan tidak mengandung bahan buatan. Gula kelapa berbeda dengan gula aren, beberapa hal yang membedakannya seperti dikutik dari IniBaru Kulinary adalah:

    • Gula kelapa dan gula aren berbeda bahan baku. Gula kelapa berasal dari nira pohon kelapa, sedangkan gula aren berasal dari nira pohon aren. Nira-nira tersebut sama-sama diperoleh dengan cara menyadap pohon, lalu menampungnya dalam suatu wadah. Kemudian, cairan nira itu dimasak di atas bara api hingga mengental.

    • Gula kelapa dan gula aren berbeda tekstur & warna. Gula kelapa biasanya berbentuk silinder dengan tektur yang padat, sedangkan gula aren punya bentuk cembung layaknya batok kelapa dan bertekstur getas dan masir. Lebih jauh, gula kelapa disebut gula merah karena warnanya yang kemerahan hingga cokelat muda. Warnanya jauh lebih terang ketimbang gula aren yang cenderung berwarna cokelat gelap.

    • Gula kelapa dan gula aren mirip rasanya namun beda aromanya. Rasa dari gula aren lebih legit dari gula kelapa. Kamu juga bisa membedakannya dengan cara mencium aroma keduanya. Gula aren punya aroma khas yang lebih kuat dari gula kelapa.

    • Gula kelapa dan gula aren berbeda kegunaannya. Gula kelapa sering ditambahkan dalam makanan karena nggak mampu mengubah aroma asli makanan. Sementara, gula aren yang punya aroma khas lebih sering digunakan sebagai campuran minuman untuk menambah cita rasa minuman tersebut.

     

    Menurut artikel yang diterbitkan online oleh Universitas Airlangga, gula kelapa selama ini dianggap lebih baik dibandingkan gula putih, terlebih setelah diketahui memiliki indeks glikemik yang relatif rendah, yaitu sekitar 54. Indeks glikemik sendiri adalah angka yang menggambarkan dampak makanan tertentu terhadap peningkatan kadar gula darah seseorang. Indeks glikemik tinggi berada di atas angka 70. Artinya, karbohidrat dalam makanan cepat terurai dan melepaskan glukosa ke darah. Beberapa makanan dengan angka IG tinggi, antara lain: Nasi putih, Roti putih, Roti gandum utuh, Bubur nasi, Bubur oat instan, Kentang, serta Kripik. 

     

    Namun, perlu diingat bahwa angka IG pada makanan bisa berbeda pada individu satu dengan yang lainnya, tergantung dari bagaimana mengkombinasikan makanan yang akan dikonsumsi. Misalnya, indeks glikemik gula merah yang sebenarnya rendah dapat menjadi tinggi, bila dikonsumsi bersamaan dengan bahan makanan lain yang mengandung karbohidrat dan gula tinggi. Terlepas dari itu, dengan angka IG yang tergolong kecil, gula merah diklaim bisa menjadi pilihan yang lebih baik bagi pasien diabetes dibandingkan dengan gula putih yang angka IG-nya sedikit lebih tinggi.

     

    Gula kelapa meskipun tergolong aman dikonsumsi untuk penderita diabetes, bukan berarti gula merah lantas dapat dikonsumsi dengan bebas ya Kawan Mula. Hal ini karena kandungan kalori pada gula kelapa hampir setara dengan gula putih, yaitu sekitar empat gram karbohidrat dan 16 kalori per sendok teh.

     

    Seiring berjalannya waktu dan teknologi, ternyata ada loh Kawan Mula yang namanya gula kelapa organik. Seperti yang dihasilkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga, gula kelapa organik sebagai pemanis alternatif yang lebih sehat. Seiring dengan trend makanan sehat dan “budaya hijau” maka penduduk di negara – negara maju hampir sebagian besar penduduknya mulai mengganti menu makanan mereka dengan makanan organik seperti gula kelapa. Menurut mereka kandungan gula kelapa tidak hanya sukrosa sebagai pemanis saja tetapi juga berdasarkan penelitian mengandung sejumlah mineral yang dibutuhkan tubuh yang tidak ada di pemanis lainnya. Gula kelapa organik memiliki manfaat dan kebaikan yaitu:

    • Gula kelapa organik dapat melancarkan Sirkulasi Darah. Kebaikan gula kelapa organik bagi tubuh yang pertama adalah melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Gula kelapa mengandung zat besi yang melimpah dan lebih baik dibandingkan dari sumber lainnya. Sehingga berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dan membantu dalam proses pembentukan sel darah merah yang berguna untuk tubuh.

    • Gula kelapa organik rendah Indeks Glikemik. Kebaikan gula kelapa organik alami selanjutnya adalah memiliki indeks glikemik yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan gula aren dan gula pasir yang berada pada angka 70. Angka ini tentunya sangat tinggi dan tidak baik dikonsumsi untuk jangka panjang apalagi bagi penderita penyakit berisiko seperti diabetes, kencing manis dan obesitas.

    • Gula kelapa organik dapat mengatur Tekanan Darah. Gula kelapa mampu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Jika tekanan ini terlalu tinggi akan mengakibatkan penyakit darah tinggi yang berujung stroke, sementara tekanan yang terlalu rendah bisa mengakibatkan terjadinya penyakit anemia yaitu kurang darah yang bisa menimbulkan pusing.

    • Gula kelapa organik dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Gula kelapa juga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan dan membantu dalam proses metabolisme dalam tubuh. Gula kelapa mampu memperbaiki bakteri dalam usus untuk membuatnya selalu sehat dan membantu organ lain dalam pencernaan untuk melakukan kinerjanya.

     

    Nah, Jika Kawan Mula adalah seorang penderita diabetes dan betul-betul sedang ingin menyantap camilan manis, Kawan Mula bisa memilih makanan alternatif yang sehat, seperti salad buah atau buah segar. Kalau Kawan Mula tetap ingin memakai gula, apa pun jenis gulanya, perhatikan jumlah karbohidrat total di label produk nya ya! Dengan begitu, Kawan Mula bisa menyesuaikan kembali rencana diet harian Kawan Mula sesuai dengan perhitungan karbohidrat dan kalori yang diperbolehkan yah!