Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • 6 Manfaat Kayu Manis dan Cara Konsumsi yang Tepat untuk Kesehatan

    November 12, 2021

    8.6 Min Read

    6 Manfaat Kayu Manis dan Cara Konsumsi yang Tepat untuk Kesehatan

     

    Sama halnya dengan garam, kayu manis merupakan salah satu bahan yang biasa ditambahkan ke makanan atau camilan misalnya smoothie, oatmeal, kue kering bahkan hidang gurih seperti kari. Rempah ini selain memberikan kehangatan pada makanan, rasa manis alaminya juga dapat menambah cita rasa makanan. Namun tidak hanya itu, kayu manis juga memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat kayu manis dan bagaimana cara mengkonsumsinya? Yuk, simak pembahasan mengenai kayu manis mulai dari manfaat dan cara konsumsinya di artikel ini.

    Apa Itu Kayu Manis?

    Kayu manis adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sering dijadikan bahan dalam pembuatan masakan. Rempah ini berasal dari kulit kayu, secara khusus dari lapisan kulit pohon Cinnamomum. Untuk menghasilkan kayu manis atau bubuk kayu manis, petani harus mencukur kulit luar pohon. Kemudian mencukur kulit bagian dalam pada lapisan kayu manis. Setelah mendapat kulit pohon, tahap selanjutnya adalah kayu manis dikeringkan sebelum akhirnya dihancurkan menjadi bubuk halus. Sejak tahun 2000 SM, rempah ini sangat dihargai oleh orang-orang Mesir Kuno. Kemudian pada abad pertengah, kayu manis sering digunakan para dokter untuk mengobati penyakit tertentu seperti radang, batuk, dan sakit tenggorokan. Selain itu, kayu manis juga dapat digunakan ke dalam bahan masakan seperti ditabur di atas roti panggang atau minuman latte. Kayu manis dapat hadir dalam bentuk bubuk (powder) atau potongan kulit kayu utuh. Untuk jenis kayu manis, terdapat dua macam kayu manis, yaitu Ceylon dan Cassia. 

    Kandungan Kayu Manis

    Menurut Department of Agriculture di Amerika Serikat, dalam satu sendok teh kayu manis mengandung beberapa nutrisi sebagai berikut:

    Kalori: 6

    Karbohidrat: 2 gram (g)

    Serat makanan: 1 g

    Kalsium: 26 miligram (mg)

    Kalium: 11 mg 

    Magnesium: 2 mg 

    Fosfor: 2 mg

    Vitamin K: 1 mikrogram

    Vitamin A: 8 unit internasional (0,16 persen DV)

    Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

    Rempah ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut ini manfaat kayu manis bagi kesehatan yang bisa kamu peroleh:

    Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

    Rempah satu ini bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung, yang menjadi penyakit paling umum penyebab kematian dini di dunia. Bagi orang yang memiliki penyakit diabetes tipe 2, untuk setengah sendok teh kayu manis bisa mengurangi kadar kolesterol total, kolesterol LDL atau jahat dan trigliserida. Sedangkan kolesterol HDl atau baik akan tetap stabil. Untuk bisa mendapatkan efek ini, berdasarkan sebuah studi, diperlukan dosis kayu manis sebanyak 120 mg per hari. Dengan begitu, ketika digabungkan faktor tersebut secara drastis dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

     

    Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur

    Cinnamaldehyde merupakan salah satu komponen utama yang ada pada kayu manis. Sifat kandungan tersebut berfungsi dalam melawan berbagai jenis infeksi yang disebabkan bakteri atau jamur. Selain itu, cinnamon oil juga terbukti efektif dalam mengobati saluran pernafasan yang diakibat oleh jamur. Tidak hanya itu, minyak kayu manis juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri tertentu termasuk Salmonella dan Listeria. Kemudian, efek antimikroba yang ada pada kayu manis juga bisa membantu mengurangi masalah bau mulut dan mencegah kerusakan gigi.

     

    Sumber Antioksidan

    Kayu manis merupakan rempah yang memiliki sumber antioksidan, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Rempah ini sarat dengan antioksidan yang kuat seperti polifenol. Berdasarkan penelitian yang membandingkan 26 rempah-rempah, kayu manis menjadi pemenang rempah dengan kandungan antioksidan yang kuat, bahkan mampu mengungguli superfoods seperti bawang putih dan oregano yang kaya akan sumber antioksidan. 

     

    Melawan Virus HIV

    HIV merupakan salah satu jenis virus yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh, yang kemudian menyebabkan penyakit AIDS. Kayu manis yang diekstrak dari jenis Cassia dinilai bisa membantu melawan virus HIV-1. Jenis virus ini merupakan yang paling umum terdapat pada manusia. Berdasarkan dari hasil penelitian laboratorium yang mengamati mengenai sel yang terinfeksi HIV, hasilnya menunjukkan bahwa kayu manis merupakan pengobatan paling efektif dari 69 jenis tanaman obat yang diteliti. 

     

    Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

    Kayu manis telah terbukti dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Seperti dikutip dari Medical News Today, berdasarkan studi Cina yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research menemukan bahwa kayu manis terbukti menurunkan kadar glukosa darah pada pasien yang mengonsumsi suplemen kayu manis. Selain itu, kayu manis juga telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol pada pasien diabetes. Senyawa yang ditemukan pada kayu manis memiliki efek serupa, yang dapat meniru insulin dan membantu mengontrol glukosa. Oleh karena itu, rempah ini sangat penting bagi penderita diabetes. Selain itu, dapat membantu mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2 dan resistensi insulin. 

     

    Membantu Menurunkan Berat Badan

    Kayu manis dapat membantu mengurangi efek buruk dari makanan berlemak tinggi. Hal ini berkat sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri pada kayu manis. Meski begitu, perlu dicatat bahwa kayu manis saja tidak cukup dalam menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Namun, jika kamu tertarik mencobanya, kamu bisa menambahkan satu sendok teh kayu manis yang mengandung 1,6 gram serat. Dengan begitu, dapat meningkatkan rasa kenyang saat makan.

     

    Bagaimana Cara Mengkonsumsi Kayu Manis yang Tepat?

    Kayu manis diperoleh dari hasil panen kulit pohon Cinnamomum. Kulitnya dibiarkan kering dan menggulung secara alami menjadi batang kayu manis. Kemudian batangnya digiling menjadi bubuk atau diproses menjadi ekstrak kayu manis dan produk kayu manis lainnya. Kayu manis bubuk dapat dicampur atau ditambahkan ke dalam setiap jenis makanan atau minuman, berikut ini cara menikmati kayu manis pada makanan atau minuman:

    • Tambahkan kayu manis ke minuman seperti smoothie atau susu almond

    • Taburkan di atas bubur hangat

    • Tambahkan ke adonan kue seperti kue kering atau roti panggang

    • Tambahkan ke buah untuk menonjolkan rasanya seperti apel

    • Taburi almond dengan bubuk kayu manis, lalu panggang dalam oven

    • Campur bubuk kayu manis dalam yoghurt  sebagai camilan sehat

    • Tambahkan ke bumbu masakan daging

    • Tambahkan ke sup labu

     

    Nah itulah cara menikmati kayu manis yang bisa Kawan Mula coba. Jika kamu tertarik untuk menambahkan bubuk kayu manis ke dalam makanan, kamu bisa mencoba Cinnamon Extract Powder Herbilogy. Bubuk ekstrak kayu manis ini terbuat dari 100% kayu manis tanpa tambahan zat pewarna, pengawet, zat perasa, MSG (Mononatrium glutamat), atau penambah gula, serta bahan kimia lainnya. Oleh karena itu, bubuk rempah ini sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari.

    Selain memiliki aroma dan rasa yang khas, kayu manis Herbilogy juga memiliki manfaat kesehatan, seperti menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1 dan 2, sebagai anti-bakterial dan virus, serta sebagai sumber antioksidan. Cara penyajiannya juga cukup mudah, Kawan Mula hanya perlu menyeduh bubuk ekstrak kayu manis dengan air hangat.