Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Manfaat Menerapkan Diet Rendah Karbohidrat

    June 17, 2021

    3.5 Min Read

    Manfaat Menerapkan Diet Rendah Karbohidrat

    Kawan Mula ingin memulai hidup sehat dengan cara berdiet? Pilihlah diet yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu, ya. Salah satu diet yang bisa kamu lakukan adalah dengan diet rendah karbohidrat. Tetapi, apakah kamu tahu bahwa diet rendah karbohidrat bukan berarti kamu tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, loh. Diet rendah karbohidrat adalah kamu harus tetap mengonsumsi sumber makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat namun dengan porsi yang lebih sedikit.

    Pola makan rendah karbohidrat mengharuskan kamu untuk membatasi asupan karbo atau menyesuaikannya dengan kebutuhan dan aktivitas harianmu. Pada umumnya, orang dewasa yang sehat dianjurkan mengonsumsi 300-400 gram per hari. Ketika sedang menjalani diet, asupan karbohidrat sebaiknya dikurangi setengahnya menjadi sekitar 150-200 gram. Pengurangan karbohidrat ini harus disesuaikan dengan pola aktivitasmu dan lakukan secara perlahan atau bertahap agar tubuhmu juga bisa menyesuaikan perubahan pola makan yang sedang dilakukan.

    Ketika menjalankan diet rendah karbohidrat, sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung protein seperti daging, ikan, telur, produk olahan susu, dan buah alpukat untuk menggantikan sumber energi yang berkurang dari karbohidrat. Kamu juga bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah, kentang, ubi, atau oatmeal yang mengandung karbohidrat kompleks. Nah, apa aja sih manfaat dari diet rendah karbohidrat ini? Yuk, simak manfaatnya di bawah ini.

    1. Menurunkan Berat Badan

    Diet rendah karbohidrat dapat menurunkan berat badan karena dengan mengurangi asupan karbohidrat, maka akan menurunkan asupan glukosa. Menurunnya asupan glukosa diharapkan tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi. Diet rendah karbohidrat ini juga efektif menurunkan berat badan jangka pendek dibandingkan dengan diet rendah lemak.

    2. Mencegah Penyakit

    Manfaat lainnya dari diet rendah karbohidrat ini adalah menurunkan trigliserida, yaitu partikel yang membawa lemak yang mengalir dalam darah. Diet rendah karbohidrat dapat meningkatkan HDL yang dikenal sebagai kolestrol baik. Diet ini juga dapat mencegah serta membantu memperbaiki gangguan metabolisme, diabetes, tekanan darah tinggi, serta penyakit kardiovaskular.

    3. Menurunkan Kadar Gula Darah

    Diet rendah karbohidrat dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin sehingga cocok dijalani oleh para penderita diabetes. Meski demikian, penderita diabetes disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalani diet rendah karbohidrat. Hal ini karena perlunya penyesuaian dosis obat diabetes untuk mencegah hipoglikemia.

    4. Menurunkan Tekanan Darah

    Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi faktor risiko untuk terkena penyakit seperti jantung, stroke, hingga gagal ginjal. Menjalani diet rendah karbohidrat adalah salah satu cara efektif untuk menurunkan tekanan darah sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.

    Nah, itulah beberapa manfaat dari diet rendah karbohidrat. Untuk Kawan Mula yang mau mencoba, jangan lupa untuk ketahui dulu apa yang tubuhmu butuhkan sebelum menjalankan diet ini. Bila perlu, berkonsultasi ke dokter supaya bisa mendapatkan anjuran diet yang tepat. Jangan juga memulai terlalu ekstrim dengan mengurangi semua konsumsi karbohidrat. Mulailah perlahan dengan porsi yang tepat. Kamu bisa juga mendapatkan berbagai produk untuk mendukung pola makan sehatmu di website awalmula.co.id!