Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Keunggulan dan Manfaat Sayur Organik bagi Kesehatan

    November 3, 2021

    5 Min Read

    Keunggulan dan Manfaat Sayur Organik Bagi Kesehatan

     

    Kawan Mula pasti pernah mendengar yang namanya sayur organik kan? Nah, makanan yang serba organik kini mulai lebih banyak dicari oleh orang-orang. Alasan orang-orang lebih memilih untuk beralih ke produk organik adalah karena lebih sehat, aman, dan juga lezat. Namun, pastinya sayur organik dan buah organik memiliki harga yang lebih mahal. Terus bedanya dengan sayur non-organik apa sih? Buat kamu yang belum tahu apa sih perbedaan sayur organik dengan non-organik, yuk kita sama-sama lihat perbandingannya dan juga manfaatnya.

     

    Perbedaan Sayur Organik dengan Non-Organik

    Sebelum melihat perbedaan sayur organik dengan non-organik, kita pahami dulu yuk apa itu organik. Kata “organik” sendiri menunjukkan cara para petani menumbuhkan dan memproses produk agrikultur, seperti buah, sayur, hingga biji-bijian, yaitu dengan tidak menggunakan bahan kimia. Selain tidak mengandung bahan kimia, penanaman sayur organik juga tidak menyumbang polusi, menyediakan habitat yang sehat dan aman, serta ada siklus berkelanjutan pada sumber daya yang ada. Berdasarkan tulisan dari Mary Jane Brown, PhD, RD untuk Healthline, supaya bisa memperoleh label organik, produk hasil tanam, harus bebas dari bahan tambahan apapun, seperti pemanis, pengawet, pewarna, dan lainnya. Jadi, sayur yang dihasilkan dari penanaman secara organik cenderung memiliki antioksidan dan vitamin yang lebih tinggi.

    Sedangkan, untuk sayur non-organik, proses penanamannya menggunakan pupuk kimia atau bahan sintetis lainnya, sehingga residu atau sisa pestisida pada sayur non-organik lebih banyak bila dibandingkan dengan sayur organik. Namun, biaya yang digunakan untuk penanaman sayur non-organik cenderung lebih rendah daripada sayur organik. Sayur non-organik juga lebih tahan lama karena proses penanaman yang menggunakan bahan kimia. Namun, manfaat sayur non-organik tidak berkurang kok walaupun penanamannya masih menggunakan bahan kimia dan sintetis. Walaupun berbeda cara penanaman, tapi produk organik dan non-organik tetap memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

     

    Keunggulan Sayur Organik

    Setelah mengetahui perbedaan antara sayur organik dengan non-organik, selanjutnya, yuk kita lihat apa sih keunggulan dari sayur organik ini. Nah, sayur yang ditanam secara organik ternyata bisa memiliki dampak besar terhadap kesehatan fisik dan mental loh. Selain itu, penanaman organik juga berdampak baik bagi lingkungan. Produk organik, seperti sayur biasanya memiliki nutrisi yang lebih tinggi, salah satunya antioksidan, dibandingkan dengan sayur yang ditanam secara non-organik. Untuk keunggulan lainnya, simak di bawah ini ya.

    • Sayur Organik Mengandung Lebih Sedikit Pestisida. Karena tidak ditanam menggunakan bahan kimia seperti, fungisida sintetis, herbisida, dan insektisida, maka sayur organik lebih aman untuk dikonsumsi. Sedikit info untuk kamu, menurut penelitian, residu pestisida dapat menyebabkan kemungkinan ADHD pada anak loh. Jadi, kalau mau lebih sehat dan aman, bisa coba mengonsumsi sayur organik ya.

    • Sayur Organik Lebih Segar. Sayur organik biasanya terlihat lebih segar karena tidak mengandung pengawet. Selain itu, menurut meta-analisis dari British Journal of Nutrition pada tahun 2014, 48% dari produk organik juga bebas kadmium dan logam berat yang bisa menumpuk di hati dan ginjal. Jadi, gak cuma sayurnya aja yang kelihatan segar, tapi pasti juga bikin tubuh lebih segar.

    • Level Nitrat yang Lebih Rendah. Produk organik telah terbukti memiliki level kandungan nitrat yang 30% lebih rendah. Hal ini jadi kabar baik karena, bila memiliki level nitrat yang tinggi dalam tubuh, maka kemungkinan untuk terkena kanker juga lebih besar. Jadi, mengonsumsi pilihan organik bisa mencegah resiko penyakit berat untuk tubuh juga ya, Kawan Mula.

     

    Manfaat Sayur Organik bagi Kesehatan

    Selain memiliki keunggulan lebih segar dan aman dari bahan kimia, produk organik, salah satunya sayuran ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dikutip dari healthline, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa sayur organik memiliki lebih banyak manfaat untuk kesehatan dibandingkan dengan sayur non-organik. Ini dia beberapa manfaat sayur organik:

    • Kandungan antioksidan yang tinggi dalam sayur organik dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan.

    • Penelitian juga menunjukkan bahwa sayur organik dapat mengurangi resiko alergi dan eczema pada anak- anak, serta bayi.

    • Sayur organik berkontribusi dalam memperkuat sistem imun.

    • Penelitian dari University of California menemukan bahwa tomat organik mengandung rata-rata 79% dan 97% quercetin dan kaempferol aglycones (falovonoid) lebih banyak dibandingkan tomat non-organik.

     

    Cara Aman Memilih Sayur Organik atau Bukan

    Sayur organik ataupun non-organik sebenarnya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, hanya saja sayur organik lebih aman bagi tubuh karena bebas bahan kimia dibandingkan dengan sayur non-organik. Kalau Kawan Mula sudah mulai tertarik untuk membeli sayur organik, yuk coba lihat beberapa hal penting yang perlu kamu pertimbangkan.

    • Memilih dari Sumber Beragam. Semakin beragam sumber makanan, maka akan semakin beragam juga nih nutrisi yang kamu peroleh. Selain itu, hal ini juga untuk menghindari kemungkinan terpapar pestisida dari satu lahan pertanian.

    • Beli Sesuai Musim. Bila memungkinkan, coba deh beli sayur atau bahkan buah sesuai dengan musimnya. Dengan begitu, bahan makanan pasti masih segar dan tidak melalui proses panjang sampai ada di tangan kamu.

    • Mencuci Sayur. Walaupun sayur yang kamu beli sudah berlabel organik, tapi tetap jangan lupa untuk mencuci sayur di air mengalir sebelum dikonsumsi. Mencuci sayur bisa membantu membersihkan dari kotoran, bakteri, atau residu zat kimia di permukaan. 

     

    Nah, setelah mengetahui informasi seputar sayur organik dan perbedaannya dengan sayur non organik hingga cara memilihnya, kamu udah mulai tertarik belum nih untuk mencoba beralih ke sayur organik? Selain lebih sehat bagi tubuh, dengan mengonsumsi sayur organik, kamu juga sudah berkontribusi dalam menjaga lingkungan loh. Di samping itu, kamu juga bisa mulai coba mengompos sisa sayuran organik yang kamu beli. Karena masa simpan sayur organik cenderung lebih cepat dibandingkan dengan non-organik, maka kamu bisa banget nih coba kompos sisa sayur yang ada, daripada hanya dibuang sia-sia, ya kan?

     

    Yuk, mulai beralih ke pola hidup yang lebih sehat untuk diri sendiri dan juga lingkungan. Kalau kamu juga mau mulai ngemil yang lebih sehat selain memperbanyak makan sayur, kamu bisa banget coba beli berbagai kebutuhan sehatmu di awalmula.co.id. Camilan dari tumbuhan yang bisa kamu coba adalah Keripik Daun Singkong dan Pepaya dari Si Daun, Broccoli Chips dari Mom Chips, dan Rempah Cassava dari Whole Chips. Produk di Awal Mula dijamin sehat, terkurasi, dan yang pasti 100% produk lokal. Mulai hidup sehat dari sekarang bersama Awal Mula.