Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Melawan Radikal Bebas dengan Bahan Kaya Antioksidan

    September 10, 2021

    5.6 Min Read

    Melawan Radikal Bebas dengan Bahan Kaya Antioksidan

    Kawan Mula mungkin sering mendengar istilah antioksidan disebut oleh berbagai pakar kesehatan maupun ahli gizi sebagai salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Antioksidan merupakan salah satu zat yang memperlambat atau mengurangi efek negatif dari oxidant. Contoh mudahnya, apabila Kawan Mula potong apel dan menaruh apel di tempat terbuka, lama kelamaan bagian dalam apel tersebut akan berwarna kecokelatan. Ini artinya, apel tersebut mengalami oksidasi. Namun efek kecokelatan tersebut bisa diminimalisasi dengan penggunaan air lemon atau jeruk nipis, yang dalam kasus ini, berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah efek negatif dari oxidant.

    Keberadaan antioksidan digunakan untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh kita. Radikal bebas adalah molekul yang tidak memiliki pasangan elektron dan dapat berdiri sendiri (independen). Radikal bebas mungkin muncul karena proses metabolisme di dalam tubuh, namun radikal bebas juga bisa di dapat dari sumber di luar sistem tubuh, misalnya dari merokok, polusi udara, berbagai macam bahan kimia industri, dan sebagainya. Saat tubuh memproduksi radikal bebas terlalu banyak atau mendapat radikal bebas dari luar yang tidak diimbangi dengan kadar antioksidan tubuh yang tinggi, maka kita akan mengalami oxidative stress yang memicu kemunculan berbagai isu kesehatan, seperti diabetes mellitus, penyakit jantung, maupun parkinson’s disease. Oxidative stress ini juga mungkin menguat seiring kita menua nih, Kawan Mula! Serem juga ya.

    Oleh karena itu, penting sekali bagi Kawan Mula untuk mengonsumsi makanan tinggi antioksidan. Kabarnya antioksidan ini juga oke untuk meningkatkan sistem imun kita. Apalagi saat pandemi COVID-19 ini, ya. Contoh vitamin yang mengandung kadar antioksidan tinggi adalah vitamin C (ascorbic acid) dan (tocopherols, tocotrienols) yang bisa kita dapatkan dari berbagai buah dan sayuran. Di sini, Awal Mula sudah menyiapkan daftar makanan apa saja yang tinggi kadar antioksidan dari vitamin C dan vitamin E. Sayur dan buahnya semuanya produk lokal ya, jadi pasti Kawan Mula bisa dapatkan dengan mudah. Berikut daftar bahan lokal yang bisa teman-teman konsumsi untuk meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

    1. Stroberi

    Buah merah berbentuk hati ini memiliki jenis antioksidan yang disebut polyphenols. Stroberi disebut-sebut oleh sebuah penelitian sebagai buah yang membantu menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Tidak sampai di situ saja, buah ini juga membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Buah ini wajib banget deh kamu dapatkan!

    2. Bayam

    Sayuran hijau kesukaan Popeye Si Pelaut ini juga ternyata tinggi akan kadar antioksidan, lho! Vitamin C di bayam dapat meningkatkan kesehatan kulit. Antioksidan kaempferol dapat mengurangi kemungkinan kanker di dalam tubuh, dan quercetin dapat mengurangi infeksi maupun inflamasi. Mencari bayam pun tidaklah sulit karena merupakan salah satu bahan lokal yang mudah didapat.

    3. Brokoli

    Sayur berikutnya juga sama mudahnya ditemukan di pasar-pasar sekitar kita. Siapa sih Kawan Mula yang tidak tahu brokoli? Menurut situs healthline.com, brokoli punya kadar lutein dan zeaxanthin yang bisa banget mengurangi kemungkinan menghadapi oxidative stress yang kita sebut-sebut sebelumnya. Brokoli juga punya antioksidan yang bisa menjaga kesehatan jantung, khususnya untuk mengurangi kemungkinan serangan jantung.

    4. Jeruk

    Kali ini kita membahas buah bulat yang terkenal akan kadar vitamin C-nya. Jeruk memiliki komponen carotenoid dan phenolic. Dua komponen ini terkenal kaya akan antioksidan dengan beragam manfaat. Contoh manfaatnya adalah mengurangi kemungkinan kanker dan penyakit jantung, yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ketiga buah dan sayur yang dibahas sebelumnya. Bisa dong ya jadi alternatif untuk Kawan Mula sekalian.

    5. Kacang Merah

    Makanan merah kaya antioksidan lain disamping stroberi datang dari keluarga kacang-kacangan, yaitu kacang merah yang memiliki komponen isoflavones dan anthocyanins. Dilansir dari situs WebMD, secangkir red kidney beans (nama keren kacang merah) memiliki 13,259 antioksidan. Kabarnya juga, kacang merah ini bisa mencegah meningkatnya sel kanker di dalam tubuh akibat kandungan antioksidan. Canggih, ya!

    Untuk sehat pasti harus ada usahanya, Kawan Mula. Pemenuhan kebutuhan antioksidan sehari-hari bisa banget kok diusahakan dengan mengonsumsi makanan sehat, salah satunya dari lima sayur dan buah yang sudah disebutkan di atas. Kawan Mula juga bisa mendapat produk yang mendukung pola hidup sehat lainnya melalui situs awalmula.co.id. Yuk kita jaga tubuh dan gaya hidup kita bersama-sama!

    Produk Pilihan dari Awal Mula!