Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Mengenal 5 Manfaat Sorgum, Makanan Kaya Nutrisi untuk Pengganti Nasi

    November 11, 2021

    7 Min

    Apa Itu Sorgum & Manfaatnya. Wajib Kamu Coba!

    Kentang, oatmeal hingga ubi jalar sering dijadikan bahan pangan pengganti nasi putih. Selain bahan-bahan tersebut, ada bahan pangan lainnya yang tak kalah bergizi dari sumber karbohidrat lain, yaitu sorgum. 

    Bahan makanan satu ini mungkin belum banyak dikenal masyarakat Indonesia. Padahal sorgum memiliki manfaat dan kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan. Untuk tahu lebih lengkap mengenai sorgum, manfaat, dan kandungannya, yuk baca pembahasan di artikel ini!

    Apa itu Sorgum?

    Sorgum adalah biji-bijian yang dapat dijadikan sebagai makanan pengganti nasi. Tanaman asal benua Afrika ini memiliki bentuk bulat dan cenderung kecil. Tanaman satu ini kurang terkenal di pasar pangan dunia, sehingga berada di urutan kelima setelah jagung dan gandum.

    Meski produksi tahunnya hanya mencapai sekitar 57,6 juta ton. Namun, tanaman ini dapat beradaptasi dengan baik terhadap cuaca panas, kering, dan beberapa kondisi tanah tertentu. 

    Selain sebagai makanan pokok, sorgum juga dapat dijadikan pakan ternak dan bahan dasar energi biodiesel. Sementara bagi penderita penyakit celiac, biji satu ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif tepung bebas gluten. 

    Kandungan Sorgum

    Meski kurang terkenal, sorgum memiliki banyak kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Berikut ini informasi nutrisi sorgum untuk 96 gram biji sorgum mentah:

    • Kalori: 316
    • Lemak: 3 gram
    • Natrium: 2 mg
    • Karbohidrat: 69 g
    • Serat: 7.5 g
    • Gula: 2.5
    • Protein: 10 g

    Salah satu mikronutrien yang paling menonjol dari sorgum, yaitu zat besi. Seperempat cup sorgum mengandung sekitar 12% dari nilai harian yang direkomendasikan. Selain zat besi, mikronutrien lain yang terdapat dalam sorgum meliputi:

    •   Kalium
    •   Niasin
    •   Tiamin
    •   Vitamin B6
    •   Fosfor
    •   Mangan
    •   Magnesium

    Manfaat Sorgum

    Melihat kandungan nutrisi pada sorgum, lebih dari 500 juta orang kini bergantung pada sorgum sebagai makanan penting. TIdak hanya itu, sorgum juga dinilai memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut  ini manfaat konsumsi sorgum bagi kesehatan:

     

    1. Mengatasi Celiac dan Intoleransi Gluten

    Orang yang memiliki penyakit celiac dan orang yang sensitif terhadap gluten tentu harus menghindari makan yang mengandung gluten. Oleh karena itu, protein gluten yang biasanya ditemukan dalam gandum atau biji lainnya menjadi tidak layak untuk dikonsumsi penderita celiac.

    Meski begitu, tidak semua biji-bijian harus dihindari. Sorgum termasuk makanan yang aman dikonsumsi karena bebas gula. Berdasarkan The Journal of Agricultural and Food Chemistry, yang melakukan penelitian mengenai sorgum untuk mengetahui kandungan protein gluten. Hasilnya menunjukkan bahwa semua jenis sorgum tidak mengandung gula atau gluten-free.

     

    2. Memiliki Efek Anti-Kanker

    Beberapa senyawa fenolik yang terdapat pada sorgum dikaitkan memiliki efek anti-kanker. Selain itu, kandungan tanin yang berperan untuk pigmentasi biji-bijian juga dapat menghambat enzim yang berkaitan dengan kanker payudara. 

    Kemudian, seperangkat senyawa fenolik lainnya yang dikenal sebagai 3-deoxy anthocyanins juga terbukti dapat merusak sel kanker pada tubuh manusia. Oleh karena itu, sorgum dapat dijadikan bahan pangan untuk mencegah penyakit kanker.

     

    3. Membantu Menurunkan Berat Badan

    Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa menjalankan diet tinggi serat dapat membantu menurunkan berat badan. Sementara itu, sorgum sendiri memiliki kandungan serat yang tinggi. 

    Berdasarkan penelitian tahun 2019 yang melakukan perbandingan mengenai efek konsumsi gandum dengan sorgum. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang makan sorgum dapat mengurangi persentase lemak di tubuh daripada orang yang konsumsi gandum.

    Selain itu, kandungan pati yang terdapat pada sorgum juga sulit untuk dicerna tubuh dibandingkan dengan biji lainnya. Oleh karena itu, mengonsumsi sorgum dapat membantu seseorang merasa kenyang tahan lama. Dari perbandingan tersebut, makanan ini sangat cocok dijadikan bahan makanan selama menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

     

    4. Sumber Antioksidan

    Sorgum mengandung banyak macam fitokimia yang bertindak sebagai sumber antioksidan pada tubuh di antaranya adalah pitosterol, asam fenolik, policosanols, anthocyanin, dan tanin. Sorgum juga dinilai memiliki jumlah antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan buah-buahan yang tinggi antioksidan seperti stroberi, blueberry, dan plum.

    Kandungan antioksidan pada sorgum dapat membantu memperlambat proses penuaan. Tidak hanya itu, makanan satu ini juga dianggap dapat membantu menurunkan risiko penyakit kanker, jantung, diabetes tipe 2, dan penyakit saraf. 

    Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi biji sorgum dapat menurunkan kematian secara signifikan akibat penyakit kardiovaskular, mencegah pembekuan arteri, dan mengurangi kolesterol darah.

     

    5. Menjaga Kadar Kolesterol 

    Sorgum mengandung zat lipid, yaitu policosanol. Kandungan tersebut dapat membantu menghambat kolesterol berlebih pada tubuh. Selain itu, zat ini juga dapat menurunkan plasma non-HDL yang terdapat di darah secara signifikan. Oleh karena itu, mengonsumsi sorgum bisa bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol agar tidak mudah naik.

    Nah, itulah manfaat sorgum yang bisa kamu peroleh dan rasakan. Tertarik mengonsumsi sorgum? Kamu bisa mencoba Sorghum Rice dari Timurasa Indonesia sebagai pengganti nasi dengan kandungan nutrisi yang lebih lengkap seperti zat besi, kalsium, dan protein. Bahan pangan satu ini juga aman dan baik dikonsumsi penderita diabetes.

    Selain mengganti nasi menjadi beras sorgum, kamu juga bisa mengganti tepung biasa menjadi tepung sorgum. Tepung satu ini terbuat dari 100% sorghum grain. Selain kaya akan serat, magnesium, dan zat besi, tepung ini juga dapat berkhasiat untuk mengikis endapan LDL (low-density lipoprotein) yang ada di dalam darah. Oleh karena itu, tepung ini cocok untuk menjadi bahan pembuatan roti, cookies, dan kue bagi mereka yang alergi gluten.

    Tidak hanya mengganti nasi dan tepung, kamu juga bisa mengganti gula biasa menjadi gula sorgum. Gula Sorghum Tambiyaku merupakan gula yang terbuat dari batang sorgum yang menghasilkan nira sorgum murni. Kemudian diproses menjadi gula pasir atau cair agar mudah diolah ke berbagai jenis makanan atau minuman. Selain lebih sehat, gula ini juga aman bagi penderita penyakit celiac.

    Jika Kawan Mula tertarik mencoba camilan sehat berbahan dasar sorgum, kamu bisa coba sorghum cookies dari Tambiyaku. Cookies ini terbuat dari 100% tepung sorgum dan tanpa tambahan bahan pengawet. Cookies ini juga dibuat menggunakan gula berbahan sorgum tanpa pemanis buatan. 

    Selain bisa menjadi camilan yang enak, cookies sorgum dapat memberikan sumber energi, protein, dan serat untuk tubuh. Namun, tetap mengandung kalori yang rendah. Yuk, pesan produk berbahan sorgum lainnya di awalmula.co.id, sebuah platform yang menyediakan makanan dan camilan sehat untuk mendukung healthy lifestyle dan diet kamu.