Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Mengenal Diet Paleo Ala Manusia Purba untuk Turunkan Berat Badan

    October 5, 2021

    8.5 Min Read

    Mengenal Diet Paleo Ala Manusia Purba untuk Turunkan Berat Badan

     

    Ingin menurunkan berat badan atau memiliki berat badan yang ideal? Menjalani diet dan pola makan yang sehat dapat menjadi cara untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Namun sebelum mulai menjalani diet, Kawan Mula sebaiknya perlu mengetahui dan mengenal ragam diet yang ada, salah satunya adalah diet manusia purba atau diet paleo.

    Tahukah Kawan Mula, apa itu diet paleo? Kalau belum, yuk simak pembahasan lengkap mengenai diet manusia purba hingga inspirasi menu diet paleo yang bisa Kawan Mula coba di artikel ini!

     

    Apa itu diet paleo?

    Diet paleo atau yang dikenal sebagai diet manusia purba merupakan jenis diet yang mengadaptasi pola makan manusia purba pada masa Paleolitik. Tujuan dari diet ini sendiri, yaitu mengembalikan kebiasaan makan pada zaman manusia purba yang hidup sekitar 2,5 juta sampai 10.000 tahun lalu. 

    Diet ini meyakini bahwa tubuh manusia itu lebih cocok menerapkan pola makan layaknya orang zaman dulu, yang mengonsumsi makanan dari hasil berburu daripada pola makan modern yang serba instan dan melalui banyak proses.

     

    Manfaat diet paleo untuk kesehatan

    Bagi penderita diabetes, diet paleo dianggap cocok untuk dicoba karena diet ini mengedepankan makanan yang tinggi protein, serat, lemak baik, serta makanan rendah gula dan garam. Dengan begitu, diet ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah atau tekanan darah pada penderita diabetes.

    Baca Juga: Serba-serbi Diet Vegan yang Baik untuk Kesehatan

    Selain itu, diet manusia purba juga cocok dijalani orang yang ingin menurunkan berat badan secara sehat dan alami. Meski diet ini tidak disarankan untuk dilakukan jangka panjang.

    Seperti dilansir Healthline, berdasarkan beberapa penelitian mengenai diet paleo menunjukkan bahwa diet manusia purba bisa membantu mengurangi penurunan berat badan secara signifikan. Namun tidak hanya itu, diet ini juga memiliki manfaat lainnya, yaitu:

    • Memperbaiki kualitas tidur

    • Menurunkan risiko penyakit seperti penyakit kardiovaskular

    • Mengurangi masalah kulit berjerawat

     

    Bagaimana cara melakukan diet paleo?

    Konsep dasar dari diet manusia purba adalah mengonsumsi makanan utuh tanpa melalui banyak proses dan menghindari makanan olahan. Untuk itu, sebelum melakukan diet paleo sebaiknya Kawan Mula mengetahui makanan yang bisa dikonsumsi dan makanan yang perlu dihindari di bawah ini.

     

    Makanan yang bisa dikonsumsi diet paleo

    Ada beberapa jenis bahan dan makanan yang bisa dikonsumsi saat menjalani diet ini, yaitu:

    • Daging tanpa lemak seperti daging sapi, ayam, domba, kalkun, dan lain-lain.

    • Makanan laut atau ikan yang kaya omega-3 misalnya  salmon, tuna, udang, mackerel, kerang, dan lainnya.

    • Telur, terutama telur yang kaya omega-3.

    • Sayuran contohnya kangkung, brokoli, bawang bombay, tomat, wortel dan masih banyak lagi.

    • Buah-buahan seperti apel, jeruk, alpukat, pisang, pir, stroberi, dan banyak lagi.

    • Umbi-umbian misalnya ubi jalar, lobak, dan lainnya.

    • Biji-bijian atau kacang-kacangan contohnya almond, kenari, biji labu, hazelnut, kacang macadamia, biji bunga matahari dan lain-lain.

    • Lemak dan minyak sehat dari kacang-kacangan atau buah-buahan seperti minyak zaitun, minyak alpukat, minyak kelapa, dan lain-lain. 

     

    Makanan yang dihindari saat menjalani diet paleo

    Diet manusia purba sendiri menitikberatkan pada makanan yang organik dan alami. Oleh karena itu, berikut ini beberapa bahan dan makanan yang sebaiknya dihindari saat menjalani diet ini:

    • Makanan tinggi gula atau fruktosa contohnya minuman ringan, permen, es krim, kue kering, dan makanan tinggi gula lainnya. 

    • Biji-bijian seperti gandum, spelt, dan barley.

    • Kacang-kacangan misalnya kacang (bean), kacang tanah, kacang polong, dan lentil.

    • Produk susu, terutama yang rendah lemak.

    • Mengandung lemak trans yang biasa ditemukan dalam makanan olahan atau yang mengandung margarin. Minyak jenis ini biasanya disebut sebagai minyak 'terhidrogenasi' atau 'terhidrogenasi sebagian'.

    • Minyak nabati misalnya minyak kedelai, minyak jagung, minyak biji anggur, minyak bunga matahari, dan minyak lainnya.

    • Pemanis buatan contohnya spartan, cyclamates, sakarin, sukralosa, dan acesulfame potassium. Untuk menghindari pemanis ini, cobalah beralih ke pemanis alami seperti madu.

    • Makanan-makanan olahan yang memiliki banyak zat aditif misalnya makanan kaleng atau makanan kemasan.

     

    Paleo diet menu yang bisa dicoba

    Memulai dan memiliki pola makan baru yang lebih sehat tentu bukan sesuatu yang mudah. Namun, jika Kawan Mula tertarik mencoba diet manusia purba, berikut ini contoh menu makanan yang bisa diikuti:

     

    Menu sarapan

    Untuk sarapan Kawan Mula bisa mulai konsumsi melon atau buah-buah lainnya. Kemudian, salmon panggang atau yang lebih praktis, yaitu membuat omelet. 

    Pertama, tumis bawang bombay, jamur, paprika, dan brokoli menggunakan minyak zaitun. Setelah itu, tambahkan potongan dada ayam dan telur yang mengandung omega-3. 

     

    Menu makan siang

    Saat memasuki jam makan siang, Kawan Mula bisa makan daging ayam atau sapi tanpa lemak dan salad. Berikut ini cara membuat salad yang mudah dan enak untuk diet paleo yang bisa dicoba:

    • Ambil sayur atau buah misalnya timun, alpukat, apel, bayam, paprika, lobak hijau, dan wortel.

    • Tambahkan sumber protein seperti salmon, udang, tuna, ayam, dan daging tanpa lemak.

    • Terakhir, tambahkan minyak zaitun dan perasan lemon.

     

    Menu makan malam

    Pada malam hari, Kawan Mula bisa makan ikan seperti fillet ikan atau ikan salmon yang dipanggang dengan brokoli, asparagus atau bayam. Lalu, tambahkan minyak zaitun dan bawang putih agar makanan terasa lebih nikmat. Kemudian tambahkan salad yang dibuat dari campuran sayuran dan saus lemon. Sebagai hidangan penutup, Kawan Mula bisa konsumsi buah-buahan.Perlu diingat, pada setiap menu diet paleo, Kawan Mula tidak boleh menambahkan garam. Selain itu, perbanyak konsumsi air dan lakukan olahraga atau gerak secara aktif.

     

    Jika ingin mengonsumsi makanan ringan atau makanan penutup di malam hari, cobalah beralih ke buah-buahan seperti jeruk dan stroberi. Nah, itulah pembahasan soal diet manusia batu hingga menu diet paleo yang bisa Kawan Mula coba. Namun perlu diingat, seperti kebanyakan diet lainnya, diet manusia purba yang dilakukan secara ekstrim memiliki tingkat risiko yang berbahaya bagi tubuh seperti kekurangan nutrisi. Selain itu, diet ini juga berisiko menyebabkan patah tulang atau rakhitis dan osteoporosis. Hal ini disebabkan karena diet manusia purba menghindari produk susu. Oleh karena itu, pelaku diet paleo dapat kehilangan kadar kalsium dan memiliki kadar vitamin D yang rendah. 

    Baca Juga: Banyak yang Gak tahu! Inilah Diet Sehat yang Sebenarnya

    Bagi penderita penyakit tertentu seperti gagal ginjal, diet manusia purba tidak disarankan untuk diterapkan. Oleh karena itu, sebelum menjalani diet ini sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran diet yang lebih aman dan tepat dengan kondisi kesehatan Kawan Mula.

     

    Apabila ingin mencoba diet paleo dan mendapatkan bahan-bahan sehat untuk mendukung diet ini, Kawan Mula bisa pesan dan dapatkan di awalmula.co.id. Awal Mula merupakan e-commerce yang menghadirkan berbagai makanan sehat atau produk bahan sehat yang telah melewati proses akurasi. Dengan begitu, Kawan Mula bisa mendapatkan bahan-bahan dan makanan pilihan terbaik untuk mendukung gaya hidup atau pola hidup yang lebih sehat.