Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Mengenal Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang untuk Dikonsumsi Setiap Hari

    September 29, 2021

    7.7 Min Read

    Mengenal Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang untuk Dikonsumsi Setiap Hari

     

    Kesadaran masyarakat untuk mulai mengonsumsi makanan sehat kini semakin besar dengan munculnya pandemi Covid-19. Meskipun aktivitas diluar rumah berkurang, mengonsumsi makanan sehat tetap diperlukan selain menjadi sumber energi, konsumsi makanan sehat juga dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit, mulai dari hipertensi, penyakit jantung, obesitas, hingga kanker.  

    Kementerian Kesehatan RI kini telah mengeluarkan Pedoman Gizi Seimbang (PGS) sebagai pengganti prinsip makanan “4 Sehat 5 Sempurna” telah menjadi slogan sejak lama. Tidak hanya mengatur pola makan, PGS juga menerapkan prinsip konsumsi makanan yang beraneka ragam diiringi aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan pemantauan berat badan secara teratur. PGS terdiri dari Tumpeng Gizi Seimbang yang mana bagian dasar tumpeng berisikan bahan makanan pokok yang perlu dikonsumsi dalam jumlah paling besar. Tingkatan selanjutnya dalam tumpeng terdapat buah dan sayuran. Kemudian, ada lauk-pauk hewani, susu, serta sumber protein dan lemak lain. Pada puncak tumpeng dengan ukuran terkecil, terdapat gula, minyak, dan garam yang mengartikan bahwa kita harus membatasi konsumsi bahan makanan ini. 

    Dalam mengkonsumsi makanan sehat tentu tidak lupa untuk melengkapi kebutuhan cairan dengan minum minimal 8 gelas air setiap hari, melakukan olahraga, dan memantau berat badan secara teratur. Lalu sebenarnya apa saja manfaat mengkonsumsi makanan sehat dan seberapa pentingkah untuk mengkonsumsi makanan sehat sehari-hari? 

     

    Manfaat Mengonsumsi Makanan Sehat

    Menjaga pola makanan dengan asupan bergizi seimbang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Untuk itu, konsumsi makanan sehat merupakan kebutuhan dan keharusan agar tubuh tetap sehat dan jauh dari penyakit. Berikut beberapa manfaat penting mengkonsumsi makanan sehat untuk tubuh:

    • Menjaga berat badan. Mengonsumsi makanan yang sehat selain menambah energi, bisa juga untuk mempertahankan berat badan yang ideal. Jaga pola makan dengan atur porsi harian makananmu. 

    • Menjaga metabolisme tubuh. Dilansir dari HealthLine, makanan sehat yang kaya protein seperti daging, ikan, telur, produk susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Semakin tinggi metabolisme tubuh, maka semakin banyak kalori yang bisa ikut terbakar, sehingga tidak terjadi penumpukan kalori yang dapat memicu lemak.

    • Menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Penyebab kematian orang dewasa hampir setengahnya disebabkan oleh penyakit jantung, dan beberapa penyakit lain seperti hipertensi. Adrienne Seitz, MS, RD, LDN yang merupakan seorang dokter nutrisi, menyarankan untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi sayuran, buah, biji-bijian, dan sumber protein nabati agar dijauhkan dari penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

    • Menurunkan kadar gula darah. Situs Diabetes.org.uk menyebutkan bahwa sangat penting bagi penderita diabetes untuk membatasi asupan makanan yang memiliki tambahan gula dan garam. Jadi sangat penting untuk memperhatikan makanan dengan kandungan gula dan garam yang rendah agar glukosa dalam darah tidak tinggi. 

    Lalu apa saja pilihan makanan sehat yang dapat dikonsumsi sehari-hari agar berat badan dan kesehatan tetap terjaga? Berikut penjelasannya. 

     

    Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

    Anjuran untuk mengkonsumsi makanan sehat tentu tidak jauh dari menambahkan sayur dan buah pada menu makan harian mu. Pasalnya, kedua bahan makanan ini merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang akan bantu memenuhi kebutuhan Kawan Mula setiap hari. Selain itu sayur dan buah-buahan juga kaya akan zat fitokimia dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko munculnya beragam penyakit. Berikut jenis sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin dan manfaat untuk tubuh.

    • Kale. Kale memiliki banyak nutrisi yang terkandung didalamnya seperti Vitamin C salah satunya. Menurut Departemen Kedokteran Amerika Serikat (USDA), kale juga mengandung vitamin K yang cukup besar yaitu sebanyak 817 mikrogram atau 778 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. 

    • Bayam. Sayuran hijau merupakan makanan sehat peringkat pertama karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap yang dibutuhkan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa banyak mengonsumsi sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam yang kaya antioksidan dan sebagai sumber vitamin A, B6, C, E, dan K yang baik, dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Pastikan untuk tidak terlalu banyak mengolah sayuran agar tidak kehilangan nutrisi didalamnya. Kamu bisa memasak bayam dengan merebusnya sebentar saja dan menyajikannya sebagai menu makan siang ataupun malam. 

    • Buah-buahan. Terkenal memiliki kandungan vitamin yang tinggi, buah-buahan merupakan salah satu makanan yang sangat penting dikonsumsi. Beberapa buah yang kaya akan nutrisi dan layak untuk dikonsumsi misalnya apel yang kaya akan kandungan serat, vitamin C, dan antioksidan. Jeruk yang terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Alpukat, yang kaya akan lemak sehat, serta kalium. Atau juga Kawan Mula bisa mengonsumsi buah berry, seperti blueberry, raspberry, atau strawberry yang memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan asupan makanan lain, dan juga konsumsi cairan yang diperlukan untuk tubuh. 

     

    Perbanyak makanan alami, kurangi konsumsi makanan dalam kemasan

    Hal lain yang harus diperhatikan untuk menjaga pola hidup sehat dan asupan gizi seimbang adalah dengan mengkonsumsi makanan alami. Konsumsilah buah-buahan, sayuran, atau lauk pauk yang dibuat sendiri atau alami tanpa menggunakan pengawet atau bahan tambahan lainnya. Dengan kata lain, batasi konsumsi makanan dan minuman dalam kemasan. Karena makanan ini biasanya tinggi gula dan natrium serta mengandung bahan tambahan lain seperti pengawet, pemanis dan pewarna buatan.

     

    Makan dengan pola teratur dan tepat waktu

    Metabolisme tubuh dapat berubah di waktu tertentu, misal di malam hari metabolisme kita akan melambat karena tubuh kita mulai beristirahat. Itulah mengapa Kawan Mula tidak dianjurkan untuk makan diatas jam 7 malam. Berdasarkan jurnal Proceedings of the Nutrition Society yang diterbitkan pada 2016, kebiasaan makan secara teratur juga dapat membantu mengontrol kolesterol dan menurunkan risiko obesitas. Jangan lupa untuk menerapkan Pola Gizi Seimbang sebagai acuan dan juga pastikan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks, protein, dan lemak dalam jumlah yang sesuai. Lengkapi juga dengan vitamin serta mineral agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik.

     

    Nah, itu dia beberapa informasi mengenai makanan sehat dan juga manfaatnya yang bisa kamu konsumsi mulai sekarang, Kawan Mula. Namun jangan lupa untuk tetap menyeimbangi dengan gaya hidup sehat seperti berolahraga, tidak begadang dan tidur cukup, serta berhenti konsumsi makanan kemasan, rokok ataupun alkohol.

    Untuk kamu yang sedang mencari produk makanan sehat, kamu bisa menemukan produk makanan mulai dari pasta, selai, hingga kebutuhan dapur di AwalMula!