Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • PART 1: Memulai Perjalanan Hidup Sehat bersama Runny Rudiyanti

    August 13, 2021

    4.8 Min Read

    PART 1: Memulai Perjalanan Hidup Sehat bersama Runny Rudiyanti

    Proses membentuk kebiasaan sehat tidak mungkin terjadi dalam satu hari saja. Untuk membiasakan tubuh kita melakukan kebiasaan baru, kadang kala kita harus melalui proses yang panjang terlebih dahulu, Kawan Mula. Belum lagi kalau ditengah-tengah perjalanan, kita kehilangan motivasi dan tujuan untuk lanjut. Keresahan Kawan Mula ini sudah sering kali dialami oleh Runny, seorang Kawan Mula yang telah berhasil menerapkan olahraga dan makan sehat sebagai bagian dari rutinitas hariannya setelah proses panjang selama bertahun-tahun. Untuk Kawan Mula yang sedang kehilangan motivasi dalam menjalani pola hidup sehat, yuk simak kisah inspiratif dari Kak Runny tentang inspirasi dalam memulai pola hidup sehat!

    Halo Kak Runny, boleh perkenalkan diri dulu dong supaya makin akrab dan ceritakan juga kesibukan kamu apa ya saat ini.

    “Hai Awal Mula! Senang bisa berbagi cerita di blog Awal Cerita ini. Aku pekerja seni khususnya seni peran, jadi tiada hari tanpa belajar tentang manusia, hidup, dan berbagai bentuk karya seni, khususnya film! Hahaha. Belajar soal diri juga tentunya dan semuanya aku lakukan sambil bersenang-senang.”

    Wah menarik sekali kak! Boleh diceritakan juga saat ini kegiatan olahraga apa saja yang dilakukan serta diet apa yang sedang Kak Runny jalani?

    “Kesehatan tubuh, pikiran, dan jiwa itu penting banget untukku dan profesiku. Jadi ya gaya hidup sehat yang kujalani ini bukan sekadar proyek sementara, tapi sudah menjadi mindset dan caraku menjalani hari-hari. Nah baru-baru ini aku belajar dari seorang ahli gizi soal 3 faktor utama yang harus kita perhatikan dalam menjalani hidup sehat yaitu makan, gerak, tidur. Apa yang kita taruh di piring kita itu menurutku bahasa cinta kita ke tubuh. Tubuh kita selalu kerja keras, dan memperhatikan nutrisi yang aku makan itu adalah bentuk cintaku ke tubuh. Saat ini aku menjalani healthy-balanced diet, dimana dalam sehari aku memastikan ada seluruh asupan makronutrien yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air, dan serat. Namun ini bukan diet ketat lho ya, tapi ini soal caraku memilih makanan sehari-hari. Jadi ya setiap kali aku makan, kalau ada pilihan yang lebih kaya nutrisinya, aku pasti pilih itu.

    Olahraga (gerak) bagiku juga bukan sekadar upaya untuk mengurangi berat badan. Angka di timbangan itu bukan ukuranku sehat atau tidak. Aku sudah mencapai titik di mana bagiku olahraga, bergerak, adalah bagian dari rutinitas -- kayak makan. Saat ini aku rutin strength training 5 hari dalam seminggu dan ketika rest day tetap kuisi dengan bergerak sederhana, bisa dengan berjalan di treadmill atau beberes rumah. Otot yang aktif bisa membantuku menjaga bentuk tubuh dan baik untuk seisi tubuhku juga.

    Kalau tidur sih pasti Kawan Mula sudah paham lah ya. Kasihlah tubuhmu hak untuk beristirahat! Banyak banget yang terjadi ketika kita tidur lho: perbaikan sel tubuh, pemulihan energi, dan lainnya yang aku juga gak paham betul hahaha. Intinya tidur yang berkualitas itu koentji!”

    Nah, Awal Mula mau tau dong, Kak Runny kan rajin olahraga serta makan yang sehat-sehat, nah kenapa awalnya ada keinginan untuk menjalani pola hidup sehat?

    “Prosesnya panjang banget asli! Aku mengenal diet & olahraga tuh dari SMA karena dulu aku overweight. Perjalananku dimulai dari motivasi awalku yang semata-mata ingin punya badan lebih ringan lalu bertransformasi jadi kayak sekarang yang justru mementingkan kesehatan jangka panjang.

    Perjalanan mengenal tubuh dan membentuk pola pikir kayak gini itu belasan tahun untukku. Hingga aku beralih profesi menjadi aktor dan aset utamaku adalah diriku (tubuh, pikiran, dan jiwa) - aku jadi semakin sadar pentingnya merawat diri secara jangka panjang. Ini investasi yang mungkin hasilnya gak bisa aku lihat besok, tapi ya selama aku hidup. Ini untuk diriku sendiri, aku ingin terus jadi individu berkualitas dan berfungsi dengan baik.”

    Nah gimana Kawan Mula, semakin terinspirasi untuk memulai perjalananmu kah? Jangan lupa baca juga Part 2 Cerita Kawan Mula bersama Runny tentang pentingnya menjaga semangat dan konsistensi dalam perjalanan hidup sehat.