Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Pentingnya Protein untuk Membentuk Otot

    July 23, 2021

    3.7 Min Read

    Pentingnya Protein untuk Membentuk Otot

    Siapa Kawan Mula disini yang sedang berjuang untuk membentuk otot? Membentuk otot tidak hanya sekedar melakukan latihan angkat beban saja ya. Banyak orang yang juga berusaha untuk menambah massa otot sekaligus mengurangi lemak tubuh. Salah satu cara yang harus dilakukan untuk mendukung pembentukan otot adalah dengan mengonsumsi protein. Manfaat protein bagi tubuh sangat lah banyak. Pasti Kawan Mula yang fitness-enthusiast sudah mengetahui hal ini ya.

    Agar lebih jelas, kita harus paham terlebih dahulu mengenai apa itu protein. Protein adalah makronutrien yang membantu tubuh untuk menjalankan fungsinya secara optimal. Protein yang kita perlukan dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan protein tinggi hewani seperti telur, susu, daging, jeroan dan lain-lain.

    Protein untuk Pembentukan Otot

    Kawan Mula pasti tahu ya, kalau protein adalah salah satu syarat untuk membentuk tubuh lebih berotot dan ideal. Protein sendiri merupakan jenis molekul khusus yang terdiri dari asam amino. Zat inilah yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk protein. Tubuh kita memproduksi asam amino, tetapi kita juga harus memperoleh asam amino esensial lainnya dari makanan yang kita konsumsi. Namun, kamu yang beranggapan bahwa semakin banyak protein maka lebih efektif untuk membangun massa otot, maka kamu salah.

    Protein seharusnya terdiri dari 10-35% dari total kalori keseluruhan untuk orang dewasa. Ketika membangun otot dengan melakukan aktivitas fisik, maka kebutuhan protein kamu mungkin bisa lebih tinggi. Namun, untuk mempertahankan massa otot, protein yang dibutuhkan lebih sedikit daripada ketika membentuk. Protein tidak hanya sebatas kuantitas, tetapi juga kualitas.

    Berapa Banyak Protein yang Dibutuhkan untuk Membentuk Otot?

    Mengonsumsi protein dalam porsi yang tepat merupakan faktor penting dalam menstimulasi pertumbuhan otot. Proses dari sintesis protein otot distimulasi oleh latihan kekuatan (strength training), namun juga didukung oleh konsumsi protein. Untuk itu, konsumsi protein yang seimbang sangat dibutuhkan. Mengenai massa otot, biasanya yang perlu diperhatikan adalah protein per kilogram berat tubuh. Rekomendasi umum untuk menambah massa otot adalah 1 gram protein per pound berat tubuh, jangan lebih dari 1,8 gram per pound berat tubuh. Jadi, kebutuhan protein setiap orang berbeda sesuai dengan kondisi tubuh. Komposisi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga harus seimbang, yaitu 50% karbohidrat, 20% lemak, dan 30% protein untuk membentuk otot.

    Apa yang Harus Dikonsumsi Sebagai Sumber Protein?

    Untuk memenuhi kebutuhan protein harian, cobalah konsumsi 3 porsi olahan susu rendah lemak dan 3 ons makanan protein (Ikan, kacang-kacangan, unggas, daging dengan kandungan lemak rendah). Kamu juga bisa mengonsumsi biji-bijian sebagai sumber protein. Berikut kandungan makanan protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan otot:

    Dada ayam: 33gr protein / 100 gr. Kacang Mete: 10 gr protein / 100 gr. Tempe: 19 gr protein / 100 gr. Telur: 12.5 gr protein / 100 gr. Whey Protein: 80-90 gr protein / 100 gr.

    Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat protein dan sumber protein terbaik untuk membentuk otot. Jaga asupan nutrisi dan pastinya imbangi dengan aktivitas fisik ya. Kamu juga bisa coba berbagai produk yang tinggi protein untuk menemani aktivitasmu di awalmula.co.id!