Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • 11 Bahan Makanan Sehat yang Wajib Tersedia di Kulkas

    December 3, 2021

    9.2 Min Read

    11 Bahan Makanan Sehat yang Wajib Tersedia di Kulkas

    Di era serba praktis ini, memesan makanan memang sudah bisa dilakukan dengan mudah yaitu tinggal memainkan jari di layar hp. Namun, dalam beberapa hal, memasak makanan sehat sendiri tentu lebih baik jika dibandingkan terus-terusan memesan makanan dari luar rumah. Salah satu alasannya adalah kita bisa mengontrol kualitas dan kuantitas bahan makanan yang akan digunakan saat memasak.

     

    Agar bisa memasak makanan sendiri di rumah kapanpun dibutuhkan, kamu sebaiknya menyimpan bahan makanan sehat di kulkas sebagai persediaan. Bahan makanan sehat terdiri dari berbagai jenis dari mulai makanan ringan sampai makanan berat. Berikut ini daftar bahan makanan yang menyehatkan yang bisa kamu jadikan persediaan di dalam kulkas:

    Baca juga: Keunggulan dan Manfaat Sayur Organik bagi Kesehatan

     

    Dada ayam

    Daging ayam adalah salah satu sumber protein hewani yang paling mudah di Indonesia. Di antara bagian-bagian yang biasa dikonsumsi, daging ayam bagian dada adalah yang paling banyak mengandung protein tetapi minim kalori dan lemak. Oleh karena itu dada ayam adalah bagian daging yang paling sering direkomendasikan untuk menu program diet. Tidak hanya itu, dilansir dari Healthline, daging ayam juga kaya akan vitamin B6 dan B12 yang berfungsi untuk memproduksi energi dalam tubuh dan menjaga kesehatan otak. Daging ayam bisa disimpan di dalam freezer untuk kemudian dimasak saat dibutuhkan.

     

    Telur

    Di antara jenis-jenis telur yang sering beredar di Indonesia adalah telur ayam dan telur bebek. Telur adalah bahan makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Kandungan nutrisi telur paling banyak terdapat pada kuning telur, yaitu berupa protein, lemak, dan kolesterol. Sebuah studi menyimpulkan bahwa peningkatan risiko penyakit jantung tidak terjadi selama membatasi maksimal 7 butir telur per minggu. Meskipun begitu, dalam mengonsumsi telur, Kawan Mula harus tetap memperhatikan jumlahnya karena penelitian lain menemukan bahwa tingkat penyakit kardiovaskular lebih tinggi pada orang yang mengonsumsi lebih banyak kolesterol dari telur.

     

    Ubi

    Bahan makanan yang satu ini termasuk ke dalam umbi akar, sama seperti singkong dan wortel. Ubi memiliki kandungan serat yang berguna untuk menjaga kualitas pencernaan manusia. Kandungan serat ini terdapat pada kulitnya. Selain itu, bagian kulit ubi juga mengandung zat antioksidan yang tinggi. Antioksidan sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi ubi bersama dengan kulitnya tanpa harus dikupas terlebih dahulu. Cukup cuci bersih ubi di bawah air mengalir untuk menyingkirkan tanah yang menempel, kemudian ubi dapat diolah dengan direbus, dikukus, atau dibakar.

     

    Yogurt

    Yogurt adalah bahan makanan sehat yang dihasilkan dari olahan susu. Manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi yogurt begitu banyak, di antaranya adalah meningkatkan kesehatan usus, mencegah masalah pencernaan, menjaga kesehatan gigi dan tulang, serta meningkatkan kinerja imun. Yogurt biasa dikonsumsi dalam keadaan dingin. Kamu dapat menyimpan Yogurt di dalam kulkas bagian pendingin untuk dikonsumsi kapanpun kamu mau. Beberapa produsen yogurt menambahkan pemanis pada produknya dan ini termasuk produk yogurt yang tidak sehat. Maka, pastikan Kawan Mula membeli produk yogurt yang murni dan tanpa tambahan pemanis, ya!

     

    Madu

    Bahan makanan sehat yang satu ini sudah dikenal khasiatnya sejak lama di seluruh dunia. Sudah banyak penelitian yang mengonfirmasi manfaat madu untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti luka bakar dan batuk. Madu juga biasa dijadikan pengganti gula karena lebih minim risiko terhadap orang yang memiliki penyakit diabetes. Ada banyak jenis madu yang dapat ditemukan di Indonesia. Namun, banyak juga produk madu yang tidak murni karena sudah ditambahkan gula untuk menambahkan rasa manis. Jenis madu ini justru berisiko untuk kesehatan.

     

    Tahu & tempe

    Tahu dan tempe adalah bahan makanan kaya nutrisi yang sangat mudah ditemukan di Indonesia dengan harga terjangkau. Kedua bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini sama-sama bebas kolesterol dan minim kandungan sodium. Tempe mengandung lebih banyak serat dan protein dibandingkan tahu, namun tahu mengandung lebih banyak kalsium dibandingkan tempe. Dilansir dari Healthline, mengonsumsi tahu dan tempe dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan menurunnya kadar kolesterol dan trigliserida setelah memakan tahu dan tempe. Hasil ini diperoleh dari sejumlah penelitian baik terhadap tikus maupun terhadap manusia. Jadi, tahu dan tempe adalah bahan makanan sehat yang patut untuk disediakan di dalam kulkas.

     

    Kacang-kacangan

    Berbagai jenis kacang adalah salah satu sumber utama protein nabati yang tinggi. Jika kamu adalah pelaku gaya hidup vegan atau plant base, kamu harus banyak konsumsi kacang untuk memenuhi kebutuhan protein harianmu agar tetap memiliki tenaga untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Beberapa jenis kacang tinggi protein yang bisa kamu simpan di dalam kulkas adalah almond, kacang kenari, pistachio, dan kacang mete.

    Baca juga: Apa itu Plant-Based Diet? Apa itu Vegan Diet? Inilah Perbedaannya!

     

    Brokoli

    Sayuran hijau yang satu ini merupakan bahan makanan yang harus kamu sediakan di dalam kulkas untuk dimasak kapanpun. Brokoli adalah tanaman yang mengandung banyak nutrisi bermanfaat. Salah satunya adalah vitamin C yang jumlahnya setara dengan yang terdapat pada buah jeruk. Brokoli juga mengandung vitamin A, B6, B12, D, E dan K. Selain itu, brokoli kaya akan mineral seperti kalsium, zat besi, dan fosfor. Dengan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, brokoli terbukti dapat mencegah beberapa penyakit seperti kanker, diabetes tipe 2, dan osteoartritis.

     

    Pisang

    Pisang sudah dikenal di Indonesia sebagai buah yang memiliki banyak nutrisi. Salah satu kandungan yang bermanfaat dari buah pisang adalah potassium atau dikenal juga dengan nama kalium. Mineral yang satu ini membantu otot berkontraksi dan sel saraf merespons, sehingga dapat menjaga kenormalan detak jantung. Pisang juga mengandung serat dan air yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Untuk pasien diare, pisang sangat berguna untuk membantu menggantikan cairan dan kalium yang hilang dalam tubuh. Namun, pisang tidak bisa disimpan di dalam kulkas untuk waktu yang terlalu lama. Salah satu solusinya adalah menyimpannya dalam keadaan sudah dipotong-potong di dalam freezer untuk kemudian dijadikan campuran smoothie saat dibutuhkan.

     

    Alpukat

    Selain pisang, alpukat juga merupakan buah yang sering dikonsumsi dan mudah ditemukan di Indonesia. Di Indonesia, alpukat biasanya diolah menjadi jus. Namun, di Barat, alpukat biasa dijadikan hidangan gurih seperti sebagai isian sandwich dan campuran salad sayur. Bagaimanapun cara mengolahnya, alpukat sangat layak untuk disimpan di kulkas sebagai persediaan bahan makanan. Hal ini lantaran alpukat mengandung berbagai nutrisi seperti kalium, lemak sehat, karbohidrat, dan serat. Selain itu, per 100 gram alpukat terdapat 160 kalori yang dapat digunakan sebagai bahan bakar tubuh.

     

    Strawberry

    Persediaan makanan sehat terakhir yang harus ada di dalam kulkasmu adalah buah strawberry atau stroberi. Buah yang satu ini disukai banyak orang karena rasanya yang manis dan asam. Buah ini juga mengandung banyak sekali manfaat seperti meningkatkan kolesterol baik (kolesterol HDL), menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari risiko kanker. Khasiat buah stroberi diperoleh dari berbagai nutrisi yang terdapat di dalamnya, di antaranya adalah zat antioksidan bernama polifenol, serat, vitamin C, dan potassium. Buah stroberi jika dicampurkan dengan pisang akan menghasilkan smoothie dengan rasa manis dan asam yang segar.

     

    Itu tadi 11 bahan makanan sehat yang harus kamu sediakan di dalam kulkas. Memasak makanan sendiri jauh lebih baik karena kita dapat memastikan kualitas bahan makanan tersebut. Kawan Mula bisa mendapatkan bahan-bahan makanan sehat di Awalmula.co.id yang merupakan situs penyedia makanan sehat untuk masyarakat Indonesia.