Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Pilihan Menu Makanan Tinggi Kalori untuk Tingkatkan Berat Badan

    October 26, 2021

    8.2 Min Read

    Pilihan Menu Makanan Tinggi Kalori untuk Tingkatkan Berat Badan

     

    Kalori adalah satuan jumlah energi yang dapat diperoleh tubuh dari suatu makanan atau minuman. Makanan berkalori tinggi dibutuhkan oleh tubuh sebagai suplai energi dan akan berpengaruh pada berat badan. Oleh karena itu tenaga kesehatan dan ahli nutrisi kreap kali menyarankan untuk mengonsumsi minuman dan makanan tinggi kalori dalam rangka menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Menjaga berat badan agar tetap pada angka yang ideal adalah hal yang perlu dilakukan demi kesehatan. Orang dengan berat badan yang berlebihan (overweight) akan lebih beresiko menjadi obesitas dan terkena berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes. Sebaliknya, dilansir dari Cleveland Clinic, orang dengan berat badan terlalu rendah (underweight) lebih beresiko terkena berbagai masalah kesehatan seperti masalah kesuburan, sistem imun yang lemah, kulit kering, rambut rontok, osteoporosis, masalah pertumbuhan otot, dan anemia.

     

    Untuk menjaga berat badan, tubuh manusia membutuhkan jumlah kalori yang setara dengan yang sudah terbakar selama beraktivitas sehari-hari. Menurut My Food Data, kebutuhan kalori harian (%DV) kalori tubuh manusia rata-rata adalah 2000 kalori per hari. Sedangkan untuk meningkatkan berat badan, Kawan Mula harus mengonsumsi makanan dan minuman dengan jumlah kalori lebih banyak dari yang biasa dibakar selama aktivitas sehari-hari sehingga kelebihan kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui apa saja makanan yang mengandung kalori tinggi.

     

    Sumber Kalori untuk Tubuh

    Tiga kategori makanan yang kaya akan kalori adalah:

    • Protein hewani: Protein adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk jaringan sel dan organ tubuh. Protein hewani adalah jenis protein yang bersumber dari hewan seperti daging ruminansia, daging unggas, seafood, dan produk turunan hewani seperti telur dan susu.
    • Karbohidrat: Karbohidrat adalah nutrisi yang fungsi utamanya adalah memasok energi untuk tubuh dan otak. Saat kita mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan merasakan adanya luapan tenaga yang diakibatkan oleh penambahan energi dari makanan tersebut.
    • Lemak: Lemak yang dibutuhkan oleh tubuh adalah Lemak Tak Jenuh, yaitu lemak baik yang berfungsi menghasilkan energi dan membantu penyerapan vitamin oleh tubuh. Lemak yang tidak baik untuk tubuh adalah Lemak Jenuh dan Lamak Trans.

    Ketiga kategori makanan sumber kalori tersebut dikenal dengan istilah makronutien, yang mana sebagaimana namanya, adalah berbegai nutrisi pokok yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam jumlah makro atau banyak.

    Baca juga: 5 Menu Makanan tanpa Daging yang Cocok bagi Kawan Mula

     

    Pilihan Menu Makanan Tinggi Kalori

    Karena ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi sendiri ketiga jenis makronutrien yang dibutuhkan, maka tubuh manusia harus memperolehnya dari makanan dan minuman. Berikut ini menu minuman dan makanan berkalori tinggi yang dapat kamu terapkan selama seminggu untuk meningkatkan berat badan.

    Hari Senin

    Sarapan: Roti gandum utuh dengan dua sendok selai kacang dan sedikit madu, satu buah pir ukuran menengah.

    Makan siang: Pasta dengan ayam, salad yang terdiri dari bayam, tomat, alpukat, keju feta, dan olive oil.

    Camilan:  Satu genggam kacang-kacangan campur

    Makan malam: Potongan daging punggung domba dimasak dengan olive oil, ubi jalar, dan sayur.

    Hidangan penutup: Irisan buah segar

     

    Hari Selasa

    Sarapan: Bubur dari rolled oat, dua sendok makan chia seed, susu full cream, dan irisan pisang.

    Makan siang: 2 roti tortilla gulung dengan isian telur rebus, keju, alpukat, dan salad sayuran (selada, timun, dan wortel).

    Camilan: Roti yang dipanggang dengan mentega dan diberi topping irisan buah

    Makan malam: Cous cous yang dihidangkan dengan salmon panggang, sayuran, dan hummus.

    Hidangan penutup: Salad buah dengan es krim.

     

    Hari Rabu

    Sarapan: Ubi jalar dan telur dadar, minuman cokelat panas dengan krim.

    Makan siang: Sup sayuran yang terdiri dari wortel, labu, seledri, bawang bombai, dan oat.

    Camilan: Biskuit gandum utuh, keju, dan tuna kalengan yang ditumis.

    Makan malam: Spaghetti bolognese dengan topping keju parut dan sedikit salad sayuran dengan olive oil.

    Hidangan penutup: Smoothie dari beri-berian beku, kacang kenari, dan susu.

     

    Hari Kamis

    Sarapan: Sereal utuh yang dimasak dengan susu full cream dan buah kering seperti aprikot atau kismis.

    Makan siang: Mie yang ditumis dengan minyak wijen bersama irisan ayam, sayuran (bayam dan wortel), kacang-kacangan, dan sedikit kecap manis.

    Camilan: Salad buah dan secangkir cokelat hangat dengan susu full cream.

    Makan malam: Nasi goreng dengan potongan ayam, telur, dan bawang bombay. Sajikan dengan salad sayuran.

    Hidangan penutup: Potongan mangga beku disajikan dengan Greek yoghurt.

     

    Hari Jumat

    Sarapan: Dua telur rebus dengan tumis jamur dan irisan alpukat, secangkir cafe latte.

    Makan siang: Fish and Chips (irisan ikan yang digoreng tepung dihidangkan bersama kentang goreng), salad sayuran dengan olive oil, potongan buah segar.

    Camilan: Roti panggang dengan selai kacang, keju ricotta, dan irisan pisang

    Makan malam: Paha ayam panggang yang disajikan dengan jagung utuh, salsa mangga, dan wortel panggang.

    Hidangan penutup: Yoghurt dengan rolled oat dan kacang-kacangan sebagai topping.

     

    Hari Sabtu

    Sarapan: Roti panggang dengan topping selai dan irisan buah, smoothie stroberi beku dan susu full cream.

    Makan siang: Quinoa yang dimasak dengan tuna kalengan, kacang-kacangan, sayuran (tomat, timun, wortel, paprika), dan olive oil.

    Camilan: Biskuit gandum utuh dengan yoghurt dan hummus.

    Makan malam: Fish pie (pie dengan isian kentang tumbuk, salmon, telur rebus) disajikan bersama salad sayuran.

    Hidangan penutup: Pavlova dengan topping salad buah segar.

     

    Hari Minggu

    Sarapan: Telur panggang dengan saus Bechamel-bayam, secangkir cafe latte.

    Makan siang: Bihun, daging sapi diiris tipis, sayuran (tauge, wortel, dan brokoli), direbus dengan kaldu sayur. Hidangkan bersama satu buah apel.

    Camilan: Ayam dan kentang panggang, hidangkan bersama sayuran tumis.

    Makan malam: 

    Hidangan penutup: Crepe yang diisi dengan irisan buah, keju ricotta, dan madu.

    Baca juga: Daging Wagyu atau Waygu? Ini Nih Perbedaannya!

     

    Makanan yang Dihindari

    Itu tadi menu makanan berkalori tinggi yang dapat Kawan Mula coba selama seminggu. Dalam rangka memperkaya asupan kalori untuk meningkatkan berat badan, Kawan Mula perlu untuk membatasi atau bahkan menghindari beberapa jenis makanan berikut ini:

    Fast food: burger, pizza, hot dog, dll.

    Makanan dan minuman tinggi gula: soda, permen, gula sebagai pemanis kopi dan teh, dll.

    Karbohidrat yang sudah diproses (refined carbs): keripik kentang, cookies, sereal instan bergula, dll.

    Makanan yang digoreng: donat, berbagai gorengan, kentang goreng, dll.

     

    Makanan-makanan di atas sebaiknya dihindari karena sudah melalui proses yang panjang sehingga menghilangkan sebagian nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun begitu, Kawan Mula masih boleh mengonsumsinya dalam jumlah sedikit selama mayoritas pilihan makanan dan minuman kamu sudah bernutrisi tinggi dan minim proses.

     

    Kawan Mula dapat memperoleh produk minuman dan makanan tinggi kalori di Awalmula.co.id yang pastinya aman dikonsumsi. Awal Mula adalah sebuah e-commerce yang menyediakan produk-produk penunjang gaya hidup sehat.