Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Pola Hidup Sehat yang Murah dan Bisa Dilakukan Sekarang Juga

    September 23, 2021

    7.5 Min Read

    Pola Hidup Sehat yang Murah dan Bisa Dilakukan Sekarang Juga

    Kata siapa hidup sehat itu mahal? Pola hidup sehat itu bukan makanan organik yang mahal dan kelas gym bergengsi, lho! Bukan juga makan sedikit demi menjaga berat badan ideal. Pola hidup sehat sendiri adalah gaya hidup yang akan berlangsung seumur hidup hingga akhir hayatmu. Tujuannya apa? Ya supaya Kawan Mula sehat dan terhindar dari penyakit! Yuk cek, sebenarnya pola hidup sehat yang benar itu seperti apa ya?

    Konsumsi Serat Minimal 25g Sehari

    Menurut CDC, orang dewasa membutuhkan setidaknya 25 gram serat setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh yang sehat. Nyatanya, rata-rata orang dewasa hanya mengonsumsi 10 - 15 gram perhari. Padahal, serat itu sangat baik untuk kesehatan lho, Kawan Mula! Ada serat larut yang membantu mengurangi kadar kolesterol dan serat tidak larut yang membantu menjaga mikroflora pencernaan termasuk mencegah konstipasi. Oleh karena itu, yuk, mulai konsumsi setidaknya 300 gram buah dan sayur setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan serat 25 gram perhari! Bisa juga lho dibantu dengan konsumsi oatmeal, sereal, atau physllium husk untuk memenuhi kebutuhan seratmu!

    Konsumsi Protein di Setiap Kali Makan

    Belum makan kalau belum makan nasi, siapa yang suka ngomong seperti itu? Kalau Kawan Mula salah satunya, ternyata pola hidup seperti itu gak sehat lho! Apa lagi sehari-hari kita sering sekali konsumsi karbohidrat dalam waktu bersamaan, misalnya nasi kuning, sambal goreng kentang, perkedel, dan bihun goreng! Waduh semua karbohidrat! Berdasarkan tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) Kemenkes RI, standar angka kecukupan protein untuk perempuan adalah 56-59 gram dan 62-66 gram untuk pria. Memang kenapa sih pola hidup sehat itu harus konsumsi protein? Protein mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan membantu pembentukan sel-sel baru lebih cepat, sehingga tumbuh kembang dan perbaikan sel lebih cepat daripada hanya mengonsumsi karbohidrat aja. Yuk, biasakan makan protein seperti ayam 100gram perkali makan untuk pola hidup yang lebih sehat!

    Konsumsi Air 2 Liter Perhari

    Kebiasaan menunda minum air ternyata bahaya lho! Salah satu kebiasaan pola hidup sehat yang simpel adalah rutin mengonsumsi air 2 liter perhari. Bisa dengan meminum air secara langsung, makan sup, atau konsumsi makanan yang kaya kandungan air seperti semangka, jelly, ketimun, dan bengkuang. Kurang air dapat menyebabkan Kawan Mula menderita dehidrasi dan kekurangan 2% kadar air saja dapat menurunkan kinerja otak lho! Hal ini dikarenakan otak terdiri dari 78% air! Yuk, biasakan konsumsi air 2 liter perhari!

    Berolah Raga Dengan Rutin

    Siapa yang suka rebahan? Kawan Mula harus tahu nih kalau rebahan berlebihan adalah sumber dari penyakit penyebab kematian seperti jantung koroner, diabetes melitus, obesitas, kanker kolon, darah tinggi, osteoporosis, fatty liver, depresi, hingga kecemasan berlebih! Kok bisa? Apa hubungannya? Berolah raga bukan hanya sekedar gaya lho, olah raga sendiri bagian dari pola hidup sehat di mana Kawan Mula bisa melakukan kardio untuk memperlancar peredaran darah dan angkat beban untuk melatih otot. Setidaknya lakukan olah raga ringan 150 menit perminggu atau 75 menit olah raga intens seminggu untuk membantu menjaga kesehatan tubuh tetap prima. Dengan begitu, Kawan Mula bisa menjaga berat badan ideal dan membentuk otot sehingga terhindar dari penyakit-penyakit di atas!

    Kurangi Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak

    Suka dengan orang bilang diet mayo? Orang berbondong-bondong berhenti mengonsumsi gula, garam, dan lemak dan memilih makan makanan hambar. Apakah pola hidup seperti ini bisa berlansung dalam waktu yang lama? Pastinya tidak dong karena jenuh makan tanpa rasa. Pola hidup sehat bukan berarti makan hambar lho, Kawan Mula! Kamu tetap bisa mengonsumsi gula, garam, dan lemak, tetapi dibatasi agar tidak berlebiha. Ini dia batas yang bisa kamu konsumsi.

    Gula maksimal 30 gram sehari, ganti gula dengan daun stevia hijau. Garam maksimal 2.300 mg atau setara 1 sdt. Pilih garam alami yang memberikan rasa asin tanpa harus menggunakan terlalu banyak garam. Eits, MSG juga mengandung natrium sehingga harus dibatasi konsumsinya ya! Konsumsi lemak maksimal 77 gram perhari, batasi juga konsumsi trans fat dari minyak hidrogenasi dan margarin.

    Jalani Pola Makan 80:20

    Seperti yang sudah tertera di atas, pola hidup sehat bukan berarti Kawan Mula tidak bisa menikmati hidup dan makanan kesukaanmu lho! Tentu saja Kawan Mula bisa menikmati pola makan 80:20 yaitu 80% pola makan sehat dan 20% “soul food”. Misalnya Kawan Mula menyiapkan makanan yang kaya akan sayur dan protein untuk makan pagi, siang, dan malam, maka Kawan Mula bisa lho menyisipkan cookies saat bekerja atau hot chocolate sebelum tidur. It’s totally up to you! Ingat ya, pola hidup sehat itu harus do-able dan bisa dinikmati oleh kamu seumur hidup!

    Berpuasa atau Intermitten Fasting

    Bukan rahasia lagi ya kalau berpuasa itu punya banyak manfaat? Puasa di sini sangat simpel lho, Kawan Mula. Memulai pola hidup sehat bisa dengan memberikan jeda makan, yaitu 12 jam setelah makan terakhir. Jika Kawan Mula makan malam di jam 8 malam, maka Kawan Mula akan sarapan di jam 8 pagi. Hal ini dilakukan agar tubuh mengubah lemak cadangan menjadi energi sehingga tidak menggunakan glukogen apa lagi otot tubuh! Ada baiknya juga Kawan Mula memberikan jeda antar makan 4-6 jam untuk mencegah insulin resistance akibat terlalu banyak peningkatkan gula darah setelah makan terlalu sering.

    Tingkatkan Waktu dan Kualitas Tidur

    Nah kalau di atas bilang gak boleh sering rebahan, bukan berarti Kawan Mula harus aktif terus ya! Rest is productive too! Pastikan Kawan Mula beristirahat 7-8 jam setiap hari dan memiliki tidur berkualitas untuk memastikan pola hidup sehat yang lebih baik lagi. Kawan Mula bisa memanjakan diri dengan menggunakan skincare di malam hari atau memasang aromaterapi agar tidur lebih lelap. Pastikan juga tidur dalam keadaan gelap total agar regenerasi sel tubuh lebih baik lagi. Pssst! Tidur kurang dari 7-8 jam permalam dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke lho!

    Ternyata pola hidup sehat tidak sulit dan mahal kan? Sebenarnya pola hidup sehat bisa dilakukan tanpa biaya sekalipun! Yuk, mulai hidup sehat dengan mengganti kebiasanmu perlahan demi perlahan. Dan jangan lupa untuk membeli produk-produk yang menunjang pola hidup sehatmu di Awal Mula! Semua kebutuhanmu ada di sana lho! Yuk, cek sekarang!