Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • 11 Ragam Menu Diet Sehat Sehari-hari yang Mudah dan Praktis

    December 1, 2021

    8.3 Min Read

    11 Ragam Menu Diet Sehat Sehari-hari yang Mudah dan Praktis 

    Meal planning (perencanaan makan) dapat sangat membantu ketika kamu mencoba menjalani diet makan sehat. Selain itu, memiliki daftar makanan juga dapat menghemat waktu dan uang, terutama jika resep dan bahan-bahan yang dibutuhkan dapat bertahan lama. Untuk memudahkan kamu dalam menjalani diet, berikut ini daftar makanan untuk menu diet sehat sehari-hari dari mulai sarapan hingga makan malam yang bisa kamu coba.

     

    Menu diet sehat untuk sarapan

    Di bawah ini daftar menu sarapan sehat yang bisa kamu coba di rumah.

     

    Overnight oats

    Overnight oats merupakan menu sarapan yang mudah untuk dibuat karena tidak perlu waktu untuk menyiapkan di pagi hari. Selain itu, bahan-bahan dasar untuk membuat overnight oats terbilang mudah didapat. Cukup menyiapkan bahan-bahan dasar seperti oatmeal instan, yogurt polos, susu, chia seeds (biji chia), dan buah-buahan seperti pisang atau stroberi. Tidak hanya mudah dibuat, oat juga merupakan sumber serat beta glukan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

     

    Roti panggang alpukat

    Roti panggang alpukat dapat menjadi sarapan bergizi karena alpukat mengandung sumber lemak sehat yang bagus dan mengenyangkan. Cara membuat roti panggang ini terbilang mudah. Kamu bisa mulai dengan sepotong roti gandum. Lalu, siapkan mangkuk kecil untuk menghancurkan setengah alpukat dengan sedikit perasan air jeruk lemon atau nipis. Setelah itu, oleskan alpukat di atas roti panggang. 

     

    Untuk menambah sumber protein, kamu bisa menambahkan satu atau dua telur, kemudian hancurkan kacang ke dalam alpukat. Lalu taburi keju yang sudah dihancurkan di atasnya. Selain itu, bisa tambahkan biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau atau tomat ceri untuk menambah nutrisi dan cita rasa pada roti panggang.

     

    Telur panggang brokoli keju

    Telur merupakan sumber protein yang sangat bagus. Selain itu, telur juga mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan. Untuk membuat brokoli dan telur panggang keju, bahan yang dibutuhkan antara lain, yaitu brokoli, telur, keju cedar, bawang putih, paprika, garam dan lada.

     

    Kamu akan menyukai menu satu ini karena mudah disiapkan. Cukup mencampur semua bahan, kemudian memanggangnya. Selain itu, menu ini juga mengandung tinggi protein dan rendah karbohidrat. Selain itu, menu sarapan ini juga cocok bagi orang yang menjalani gaya hidup bebas gluten. 

     

    Puding chia ceri coklat

    Selain hanya menggunakan sedikit bahan, menu puding chia merupakan pilihan menu sederhana namun mengenyangkan untuk sarapan. Selain itu, puding ini bisa kamu buat di malam hari dan dinikmati keesokan paginya. Chia seeds merupakan bahan yang sarat akan zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang bisa merusak sel dan menyebabkan penyakit. Selain puding chia cokelat, kamu juga bisa membuat variasi lainnya.

     

    Granola bar selai kacang

    Granola selai kacang ini merupakan menu yang mudah dibuat dan sehat. Sejumlahstudi mengungkapkan bahwa kacang dapat membantu menghambatpenyerapan kolesterol, yang berguna bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi dan beresiko meningkatkan penyakit jantung. Selain membuat granola bar sendiri, kamu juga bisa pesan granola bar dari Luckybite di awalmula.co.id. 

     

    Luckybite Granola Bar ini terdiri dari tiga varian, yaitu dark chocolate, coco choco, dan mixed berries. Selain jadi menu sarapan, Luckybite Granola Bar dapat dijadikan snack bar sehat rendah kalori, tinggi protein, dan serat dan protein. Selain itu, makanan satu ini dibuat tanpa tambahan bahan pengawet sehingga cocok bagi Kawan Mula yang sedang menjalani diet. Untuk pemanisnya, granola bar ini dibuat menggunakan madu sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

     

    Menu Diet Sehat untuk Makan Siang

    Di bawah ini daftar menu makan siang yang sehat dan enak saat menjalani diet:

     

    Italian pasta salad

    Salad pasta dapat menjadi menu makan siang yang seimbang dan bergizi. Menu satu ini dapat dibuat dengan pasta yang dimasak menggunakan sayuran, kacang-kacangan, keju, dan daging. Selain itu, salad pasta ini dapat disajikan dingin karena dapat disimpan di lemari es. Sebagai menu diet sehat, salad pasta cukup terjangkau dan mudah dibuat. 

     

    Untuk menambahkan sumber protein, kamu juga bisa menambah potongan ayam, kacang, dan keju mozzarella. Untuk mendapatkan ekstra serat, kamu bisa menggunakan pasta gandum. Sedangkan untuk mendapatkan lemak tak jenuh, kamu bisa menggunakan minyak zaitun dalam saus salad pasta yang dapat menyehatkan jantung.

     

    Salad tuna dengan cranberry

    Tuna kalengan ramah di kantong dan mudah disimpan sebagai makanan cepat saji. Selain itu, tuna juga kaya akan protein dan lemak sehat yang bisa membantu kamu merasa kenyang. Untuk membuat salad tuna dengan cranberry, bahan yang digunakan sangat sederhana. Kamu bisa menyajikannya di atas roti, selada, atau biskuit.

     

    Menu diet sehat untuk makan malam

    Di bawah ini menu diet sehat untuk makan malam yang mudah dibuat dan enak.

     

    Mac and cheese (dengan sayuran)

    Menu satu ini banyak disukai orang. Untuk menambah nutrisinya, kamu bisa menambahkan sayuran ke dalamnya. Ketika kamu membuat mac and cheese dari awal berarti kamu bisa mengontrol bahan yang digunakan dan menghindari kelebihan natrium dan zat yang tidak perlu. Mac and cheese yang sehat mengandung karbohidrat dari pasta, protein dan lemak dari keju, serta vitamin dan mineral dari sayuran.

     

    Kentang panggang dengan topping sehat

    Kentang panggang merupakan salah satu menu makan malam yang paling terjangkau dan sehat. Hal ini karena kentang mengandung vitamin B6, vitamin C, zat besi, potasium, dan magnesium. Selain itu, kentang juga sumber karbohidrat yang dapat memberi energi. Supaya mendapatkan gizi yang seimbang, kamu dapat menambahkan sumber protein, lemak sehat, dan beberapa sayuran non-pati. 

     

    Kari buncis

    Kari buncis adalah menu makanan vegetarian yang mudah untuk dibuat ketika kamu sibuk dan tidak punya waktu untuk memasak. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kari buncis cukup mudah dan bisa ditemukan di lemari dapur Kawan Mula. Selain itu, buncis adalah sayuran yang mengandung protein nabati, zat gizi mikro, dan serat, serta memiliki efek yang baik bagi kadar gula darah. 

     

    Burger salmon dengan selada kubis

    Ingin menambahkan ikan ke dalam menu makan malammu? Kamu bisa coba membuat burger dengan salmon dan selada. Salmon sendiri merupakan sumber omega-3 yang terbaik dalam makanan. Omega-3 ini dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penumpukan plak yang berkaitan dengan penyakit jantung di arteri. Selain salmon, burger ini juga menggunakan bahan-bahan dasar yang mudah, sehingga kamu bisa menyiapkan makan malam sekalipun dalam keadaan sibuk. Burger ini dapat disajikan di atas selada kubis yang berperansebagai sayuran untuk makanan ini.

     

    Nah, itulah menu diet sehat yang bisa Kawan Mula coba, mulai dari menu sarapan sampai makan malam. Bagaimana Kawan Mula, mudah bukan? Yuk, coba beberapa menu di atas dan dapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan di awalmula.co.id, platform yang menyediakan bahan-bahan untuk mendukung diet dan gaya hidup sehat kamu.

    Granola Bar Pilihan Awal Mula!