Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • 5 Resep Pasta Bebas Gluten yang Gak Pake Ribet!

    November 29, 2021

    8 Min Read

    5 Resep Pasta Bebas Gluten yang Gak Pake Ribet!

    Siapa sih yang gak kenal sama yang namanya pasta? Pasta itu sendiri adalah makanan khas Italia yang sudah dikenal di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Biasanya pasta identik dengan harganya yang mahal dan kesan yang mewah. Tapi, hidangan dari Eropa ini sekarang sudah banyak ditemui di berbagai restoran dan kafe. Bahkan, pasta juga biasa dijadikan sebagai alternatif makanan berat selain nasi dan mie. 

     

    Pasta sendiri memiliki banyak variasi yang dibedakan berdasarkan bentuknya, bahan pembuat, hingga cara pengolahan. Jadi, pasta itu gak cuma spaghetti aja ya, Kawan Mula. Beberapa pasta yang mungkin tak asing bagi kamu adalah fettuccine, macaroni, penne, farfalle, dan fusilli. Pasta-pasta jenis itulah yang sering digunakan sebagai menu hidangan di kafe dan restoran. Sekarang, menu pasta bisa juga kamu buat di rumah karena pengolahannya yang cukup mudah dan bahan-bahan yang juga tidak sulit ditemukan. Berbagai resep pasta juga kini bisa divariasikan sesuai selera loh. Coba lihat yuk apa aja variasi resep pasta yang bisa kamu coba di rumah.

     

    5 Resep Pasta Bebas Gluten yang Bisa Dibuat di Rumah!

    Awal Mula menyediakan resep pasta yang enak, bebas gluten, dan pastinya bisa dibuat di rumah tanpa ribet untuk kamu nih. Untuk resep-resep pasta yang direkomendasikan oleh Awal Mula, semuanya berbahan dasar pasta bebas gluten, sehingga aman untuk kamu yang menghindari gluten. Sedikit info juga untuk kamu, tepung singkong juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh loh, seperti sumber energi yang baik, membantu menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh, memperlancar pencernaan, mempercepat regenerasi sel, mencegah penuaan dini, baik sebagai menu diet sehat, dan masih banyak lagi. Yuk, simak resep pasta bebas gluten di bawah ini!

     

    Gluten Free Pasta with Bolognese Sauce

    Resep pasta yang pertama ini pasti udah gak asing lagi deh buat kamu. Bahannya mudah ditemukan dan cara buatnya juga simple kok.

    Bahan-bahan

    Cara Membuat

    1 pack gluten-free pasta

    1 sdm olive oil untuk menumis

    2 siung bawang putih, potong kecil

    6 buah jamur potong kecil

    250 gram daging sapi cincang

    2 buah tomat

    2 sdm pasta tomat

    2 sdm saus tomat

    1 buah chicken stock cube

    1 sdt thyme kering

    1 sdt basil kering

    • Rebus tomat sebentar saja. Angkat, kupas kulitnya. Blender tomat, sisihkan

    • Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daging dan jamur, tumis hingga daging setengah matang

    • Tambahkan jus tomat, tomat pasta, saus tomat, chicken stock, thyme, dan basil. Aduk rata.

    • Masak hingga sapi matang dan wortel empuk. Diamkan hingga saus mendidih dan mengental.

    • Masak pasta hingga al-dente, tiriskan. Tuang saus bolognaise diatasnya. Gluten Free Pasta with Bolognese Sauce siap dinikmati deh!

     

    Gluten Free Pasta with Beef Carbonara

    Resep pasta kali cocok untuk kamu yang suka hidangan creamy dan gurih. Yuk, coba liat cara bikin pasta carbonara berikut.

    Bahan - Bahan

    Bahan Saus Carbonara & Bahan Pelengkap

    Cara Membuat

    1 Pack gluten free pasta

    1,5 air, untuk merebus

    3 sdm minyak zaitun

    100 g bawang bombay, kupas, cincang halus

    4 siung bawang putih, kupas, cincang halus

    150 g smoked beef, iris

    200 g jamur kancing

    200 g keju parmesan

    1 butir telur ayam, kocok

    100 ml krim kental

    1 sdt garam

    1 sdt merica bubuk

    Keju parmesan, parut

     

     

    • Panaskan minyak, tumis semua bawang hingga harum. Masukkan sisa bahan saus, aduk cepat agar telur tidak menggumpal.

    • Masak pasta hingga tingkat kematangan al-dente.

    • Masukkan pasta, aduk rata. Angkat.

    • Sajikan

     

     

    Mushroom Aglio Olio Pasta

    Buat pecinta masakan pedas, bisa cobain resep pasta yang satu ini nih. Cara bikinnya dijamin mudah dan gak perlu waktu lama. Yuk, simak.

    Bahan - Bahan

    Cara Membuat

     

    Spaghetti gluten-free

    5-7 buah Jamur kancing

    5 butir bawang putih (iris tipis)

    Garam rendah natrium

    Kaldu jamur non MSG

    Bubuk lada hitam

    Bubuk cabai

    Minyak nabati

    Air untuk merebus mie

    2 sdm air

    • Rebus spaghetti sampai agak lunak 8-10 menit, angkat. Sisihkan

    • Tumis bawang putih dengan minyak nabati sampai harum, masukkan jamur aduk-aduk sampai setengah matang

    • Kemudian masukkan air 2 sendok makan agar spaghetti tidak lengket, lalu masukkan bumbu, garam, kaldu jamur dan bubuk lada hitam, bubuk cabai, aduk rata

    • Kemudian masukkan spaghetti, aduk sampai rata

    • Angkat dan sajikan

     

    Creamy Macaroni

    Pecinta macaroni pasti akan senang banget sama resep yang satu ini. Resep pasta macaroni kali ini cocok untuk menu sarapan atau bahkan makan siang kamu juga. Langsung aja yuk lihat bahan dan cara pembuatannya.

    Bahan - Bahan

    Cara Membuat

    200 gr macaroni gluten free

    3 buah wortel potong-potong

    Kacang polong frozen secukupnya

    1 sachet kornet

    1-2 lembar keju parut

    200 ml susu uht

    2 sdm maizena. Campur dalam susu uht

    Lada, garam, kaldu bubuk secukupnya

    1/2 sdm oregano

    1/2 siung Bombai, iris

    1 buah cabai rawit, iris

    2 siung bawang putih, iris

    • Rebus macaroni. Jika sudah 1/2 matang, masukkan kacang polong dan wortel rebus bersama. Masak hingga matang. Lalu tiriskan.

    • Tumis bumbu dengan minyak atau mentega. Lalu masukan kornet. Aduk rata.

    • Kemudian masukkan makaroni, kacang polong dan wortel. Aduk rata lagi.

    • Bumbui lada, garam, kaldu bubuk dan oregano.

    • Tuang susu dan maizena. Aduk rata. Terakhir, masukan keju, aduk hingga larut dan mengental. Angkat.

     

    Fusilli with Sausage

    Fusilli memang gak pernah gagal untuk menggugah selera makan ya, Kawan Mula. Berikut adalah resep fusilli pasta yang mudah dan bisa kamu coba di rumah.

    Bahan - Bahan

    Cara Membuat

    250 gram gluten free fusilli

    1 buah bawang bombai, cincang kasar

    1 siung bawang putih, cincang kasar

    4 sdm saus pasta instan

    3 buah sosis, potong sesuai selera

    1/4 kotak keju, parut

    5 sdm air rebusan pasta.

    Garam

    Gula

    Merica

    Irisan daun bawang

    • Rebus pasta dalam air tambahkan sedikit garam dan minyak sampai matang angkat, tiriskan.

    • Tumis bawang putih dan bombai hingga harum lalu masukkan sosis, aduk-aduk dan masak hingga sosis matang.

    • Masukkan saus pasta dan keju parut aduk-aduk lalu tambahkan air rebusan pasta, aduk kembali.

    • Kemudian tambahkan garam, gula dan merica, aduk. Koreksi rasa, jika sudah pas masukkan pasta, aduk-aduk hingga tercampur rata, matikan api.

    • Tuang di atas piring saji dan taburkan daun bawang.

     

    Itu dia beberapa resep pasta bebas gluten yang simple dan bisa kamu bikin di rumah. Untuk pasta bebas gluten dan bumbu masaknya, bisa kamu dapatkan di website awalmula.co.id ya! Beberapa rekomendasi adalah beragam pilihan pasta dari Lula Pasta & Ladang Lima yang pastinya enak & sehat!