Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Selain Sayur, Makanan Rendah Kalori Ini Bantu Tubuh Tetap Sehat dan Ideal

    September 8, 2021

    7 Min Read

    Selain Sayur, Makanan Rendah Kalori Ini Bantu Tubuh Tetap Sehat dan Ideal 

     

    Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi goals semua orang. Ditambah lagi sejak munculnya virus Corona, banyak orang mulai memperhatikan dan mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat. Beberapa orang juga menjalani diet sehat dengan mengonsumsi makanan rendah kalori. Menurut NHS, pada umumnya asupan kalori maksimal untuk wanita adalah 2.000 kalori dan pria 2.500 kalori, namun jumlah ini bisa lebih banyak atau lebih sedikit tergantung beberapa faktor, seperti usia, metabolisme tubuh, dan aktivitas. Kelebihan asupan kalori dalam tubuh membuat tubuh menyimpannya dalam bentuk lemak. Untuk itu mengonsumsi makanan rendah kalori menjadi salah satu kunci untuk memiliki tubuh sehat dan ideal, serta jauh dari terkena penyakit. Salah satu cara yang dapat dicoba untuk dilakukan adalah dengan mencatat kalori serta kandungan gizi dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Jika sedang menjalani diet, pastikan jumlah asupan kalori yang masuk tidak lebih besar dari kalori yang dikeluarkan ya, Kawan Mula.

    Tak dapat dipungkiri, kebiasaan snacking atau ngemil memang tak dapat dihindarkan dalam keseharian. Bahkan menjadi godaan bagi Kawan Mula yang baru memulai perjalanan hidup sehat. Namun, kita dapat mengganti camilan kita menjadi lebih sehat seperti snack rendah kalori. Berikut adalah beberapa pilihan menu makanan rendah kalori yang juga kaya nutrisi sebagai penunjang buah dan sayur yang dapat kamu konsumsi setiap hari:

     

    1. Kacang Hijau

    Kacang hijau merupakan salah satu makanan dengan nilai gizi tinggi yang juga kaya akan asam amino, seperti phenylalanine, leusin, isoleusin, valine, lysin, yang hanya bisa didapat dari makanan tertentu. Kacang hijau juga tinggi akan vitamin A, B, C, mineral, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, kacang hijau juga merupakan salah satu makanan rendah kalori. Menurut aplikasi kesehatan Nutritionix, 1 gelas (252 gram) bubur kacang hijau mengandung 223 kalori. Jumlah ini terdiri dari 31,08 gram kacang hijau rebus (33 kalori), 21,06 gram gula merah (80 kalori), 11,69 gram tepung tapioka (42 kalori), 34,77 ml santan (68 kalori), 153,84 ml air (0 kalori). Kamu bisa menjadikan bubur kacang hijau sebagai salah satu opsi untuk menu sarapanmu agar tetap berenergi saat beraktivitas seharian.

     

    2. Telur

    Telur memiliki nutrisi yang tinggi dan juga termasuk salah satu makanan rendah kalori. Sebutir telur mengandung 72 kalori, 6 gram protein, dan berbagai vitamin serta mineral yang penting untuk tubuh. Studi menunjukkan bahwa sarapan dengan telur dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang karena protein yang terkandung didalamnya. Kamu bisa menyelipkan sebutir telur dalam menu sarapanmu atau menambahkan telur pada semangkuk saladmu. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsilah telur rebus saat sarapan di pagi hari agar menghindari minyak yang dapat meningkatkan kadar lemak jahat jika digoreng.

     

    3. Buah Kering

    Selain sayur, buah kering merupakan salah satu alternatif makanan rendah kalori yang dapat dikonsumsi. Kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalam buah kering, dipercaya sama dengan buah-buahan segar namun dengan kadar air yang lebih sedikit. Sebuah studi dari Journal of the American College of Nutrition mengungkapkan bahwa jumlah antioksidan dalam buah cranberry kering, anggur dan plum dua kali lebih banyak dibandingkan buah segar.

    Namun karena hilangnya kadar air pada buah kering, pastikan untuk konsumsi buah kering lebih sedikit daripada buah biasa. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi air mineral sesuai dengan kebutuhan tubuh. Pastikan juga produk buah kering yang kamu konsumsi tanpa pengawet, tambahan perasa, pewarna atau pemanis buatan. 

     

    4. Oat

    Oatmeal merupakan salah satu sumber karbohidrat yang kaya manfaat karena tidak mengandung gula atau pemanis yang tinggi. Maka kandungan kalori pada oatmeal pun lebih rendah. Selain itu oat juga memiliki kandungan serat yang tinggi. 

    Oat terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, misalnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Bahkan mengonsumsi oatmeal untuk diet menurunkan berat badan juga dipercaya efektif karena kalori oatmeal lebih rendah dibandingkan dengan nasi yang terkenal memiliki kadar gula yang tinggi. Kawan Mula bisa mengonsumsi oat dipagi hari dengan cara memasaknya dengan air atau juga bisa dicampur dengan yogurt rendah gula untuk menambahkan sedikit rasa pada oat.

     

    5. Protein bar

    Salah satu alternatif makanan rendah kalori yang dapat dikonsumsi sehari-hari adalah protein bar. Selain bernutrisi, protein bar juga sehat karena bebas dari kolesterol, dan lemak trans. Protein bar memiliki nutrisi yang tinggi dan memiliki banyak manfaat, mulai dari membantu menurunkan berat badan, menjadikan badan lebih berisi, hingga meningkatkan massa otot. Protein bar biasanya terbuat dari oat, gandum, quinoa, dan tambahan bahan lain seperti coklat, kacang atau buah kering. Cemilan ini biasa dikonsumsi untuk menunda rasa lapar.

    Untuk Kawan Mula yang sedang diet, sebaiknya perhatikan juga jumlah kalori yang tertera pada kemasan. Protein juga memiliki fungsi untuk membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dengan cara meningkatkan metabolisme. Untuk itu, protein bar bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun tetap perhatikan juga kadar gula pada product protein bar yang kamu pilih.

    Walaupun disebut dengan snack sehat dan memiliki jumlah kalori yang rendah, namun konsumsilah protein bar dengan jumlah yang wajar. Tetap lengkapi dengan mengonsumsi buah-buahan, sayur, dan air putih yang cukup setiap hari. 

     

    Itulah beberapa makanan rendah kalori yang bisa kamu coba untuk dijadikan menu sehari-hari. Kira-kira mana yang menjadi favorit kamu? Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi sayur dan buah sehari-hari sebagai makanan rendah kalori alami. Kalau kamu ingin mencoba salah satunya, kamu bisa membelinya di Awalmula, lho. Awalmula menjual berbagai kebutuhan snack sehat, sereal, serta minuman sehat untuk diet lainnya yang kamu butuhkan. Yuk, cek produknya sekarang juga di Awalmula!