Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • 8 Tepung Gluten Free yang Aman dan Sehat untuk Penderita Celiac

    November 24, 2021

    7.8 Min Read

    8 Tepung Gluten Free yang Aman dan Sehat untuk Penderita Celiac 

    Tepung merupakan salah satu bahan paling umum yang banyak digunakan dalam makanan. Misalnya untuk membuat roti, mie, hingga aneka gorengan. Selain itu, tepung juga bisa dijadikan sebagai pengental untuk membuat saus dan sop. Meski tepung terigu tidak bermasalah bagi banyak orang, namun bagi orang dengan penyakit celiac atau sensitif gluten tentu menjadi masalah sehingga perlu menghindarinya. Tapi tidak perlu khawatir, kini di pasaran sudah banyak dijual tepung gluten free (bebas gluten) sebagai alternatif tepung terigu. Yuk, simak alternatif tepung non gluten di artikel ini!

     

    Rekomendasi tepung gluten free untuk gorengan hingga kue

    Berikut ini daftar tepung bebas gluten yang bisa digunakan untuk membuat kue, gorengan, dan masakan lainnya. 

     

    Tepung almond

    Tepung almond merupakan salah satu tepung bebas gluten. Tepung ini terbuat dari kacang almond yang kulitnya telah dibuang, kemudian dihaluskan. Untuk satu cup tepung almond dapat mengandung sekitar 90 kacang almond. Tepung ini memiliki rasa pedas dan biasa digunakan dalam makanan yang dipanggang. Selain itu, tepung ini bisa menjadi alternatif untuk tepung panir. Sebagai pengganti tepung terigu, tepung almond memiliki perbandingan rasio satu banding satu. Ketika menggunakan tepung ini, sebaiknya tambahkan satu telur. Produk akhir untuk adonan menggunakan tepung ini akan lebih padat. 

     

    Tepung almond mengandung berbagai mineral, termasuk magnesium, zat besi, kalsium, mangan, kalium, dan tembaga. Selain itu, tepung ini juga mengandung lemak tak jenuh yang baik dan sumber vitamin E. Meski begitu, kandungan lemak pada tepung ini dapat meningkatkan jumlah kalori lebih banyak dari tepung terigu, yaitu 200 kalori. Meski tepung ini bebas gluten, Kawan Mula tetap perlu membaca kemasan pada produk untuk memastikan bahwa tepung yang digunakan tidak dibuat di tempat gluten diproduksi.

     

    Tepung singkong

    Tepung tapioka dibuat dari tepung yang diekstraksi dari akar singkong. Sementara tepung singkong dibuat dengan cara memarut, lalu mengeringkan seluruh akar singkong. Selain itu, tepung ini juga bebas gluten, kacang, dan gandum. Tepung singkong paling mirip dengan tepung putih, yang mudah digunakan dalam masakan yang membutuhkan tepung serbaguna. Tepung singkong mudah dicerna, memiliki rasa netral, dan lebih rendah kalori daripada tepung almond atau tepung kelapa.

     

    Mirip dengan tepung tapioka, tepung singkong juga memiliki pati resisten yang berguna untuk sistem pencernaan. Berdasarkan beberapa penelitian, kandungan pati resisten dalam tepung ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah.

     

    Tepung sorgum

    Tepung sorgum terbuat dari biji sorgum yang telah tumbuh selama lebih dari 5.000 tahun. Biji sorgum secara alami bebas gluten dan dianggap sebagai biji-bijian kelima  yang dianggap penting di dunia. Tepung ini memiliki warna dan tekstur yang ringan, serta rasa yang manis. Tidak hanya itu, tepung  sorgum juga sering dicampur dengan tepung bebas gluten atau digunakan dalam resep makanan yang memerlukan sedikit tepung karena dinilai sebagai tepung yang padat. Selain itu, tepung sorgum juga dapat dijadikan sebagai pilihan tepung non gluten untuk gorengan dan sebagai bahan kue seperti waffle dan muffin.

     

    Biji sorgum mengandung protein dan kaya akan serat, sehingga dapat membantu memperlambat penyerapan gula. Selain itu, sorgum juga mengandung  zat besi, mineral, dan sumber antioksidan yang bisa membantu mengatasi peradangan. Tepung sorgum bisa terkontaminasi gluten selama proses pembuatan, oleh karena itu carilah tepung dengan label bebas gluten. 

     

    Tepung beras merah

    Tepung beras merah dianggap sebagai tepung gandum utuh yang mengandung endosperma, dedak, dan kuman. Tepung ini dibuat dari hasil beras merah yang digiling. Tepung beras merah biasa digunakan dalam pembuatan roux, membuat mie, mengentalkan saus, dan dapat dikombinasikan dengan tepung bebas gluten lainnya untuk membuat roti, kue, dan cookies. Tepung beras memiliki protein dan serat yang tinggi, keduanya dapat menurunkan kadar gula darah dan berat badan. Selain itu, tepung ini juga kaya akan vitamin B, zat besi, mangan, magnesium, dan lignan yang merupakan senyawa tanaman.

     

    Berdasarkan penelitian, tepung ini dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung. Namun, kamu tetap perlu waspada saat mencari tepung beras, hindari tempat produksi yang dapat terkontaminasi gluten. 

     

    Tepung oat

    Tepung oat dibuat dari oat utuh yang digiling. Tepung ini dapat menghasilkan tekstur yang lebih kenyal dan memberi lebih banyak rasa daripada tepung serbaguna (all purpose flour) pada makanan panggang. Selain itu, memanggang dengan tepung oat juga memungkinkan produk akhir lebih lembab. Karena kurang kandungan gluten, perlu menambah beberapa bahan untuk membuat hasil makanan panggang menjadi lembut dan ringan. Oat sendiri mengandung serat larut yang disebut dengan beta-glucan dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Tidak hanya itu, tepung oat juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), kadar gula darah, dan insulin.

     

    Tepung oat kaya akan nutrisi misalnya vitamin B, magnesium, protein, fosfor, dan kelompok antioksidan avenanthramides. Tepung oat mudah terkontaminasi, oleh karena itu pastikan untuk mencari tepung oat yang bebas gluten.

     

    Tepung tapioka

    Tepung non-gluten ini terbuat dari ekstrak cairan umbi singkong. Tepung tapioka umumnya digunakan sebagai bahan pengental untuk membuat saus, sup, dan lainnya. Tepung ini mengandung protein, makronutrien, serat, dan karbohidrat, serta pati resisten yang berperan seperti serat. Oleh karena itu, tepung ini cocok bagi orang yang punya masalah dengan kadar gula darah dan masalah pencernaan.

     

    Tepung kelapa

    Tepung ini terbuat dari daging kelapa yang dikeringkan, lalu dihaluskan hingga menjadi bubuk. Tepung kelapa memiliki tekstur yang ringan dan cocok digunakan untuk membuat hidangan penutup. Tepung ini mengandung asam laurat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Tidak hanya itu, tepung yang mengandung sumber serat ini juga dapat membantu menjaga kadar gula darah supaya tetap sehat.

     

    Tepung jagung atau maizena

    Tepung ini biasa digunakan untuk bahan pengental cairan atau untuk membuat tortila atau roti. Selain itu, tepung jagung dapat dikombinasikan dengan tepung bebas gluten lainnya dalam pembuatan pizza karena memiliki varietas kuning dan putih. Tepung ini merupakan sumber zeaxanthin serta karotenoid lutein. Kedua senyawa tersebut dapat berperan sebagai zat antioksidan dan berguna bagi kesehatan mata karena dapat mengurangi risiko katarak. 

     

    Nah, itulah delapan tepung non gluten untuk gorengan dan aman bagi penderita celiac atau orang yang sensitif terhadap gluten. Tertarik mencoba dan mengganti tepung kamu ke tepung bebas gluten? Yuk, pesan dan dapatkan tepung bebas gluten di awalmula.co.id.