Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Tips Mudah Menerapkan Pola Makan Sehat Setiap Hari

    May 28, 2021

    4.4 Min Read

    Tips Mudah Menerapkan Pola Makan Sehat Setiap Hari

    Di masa pandemi saat ini, penting untuk kita semua memperhatikan pola hidup yang dilakukan. Hal ini bisa dimulai dari mengatur pola makanan agar tubuh tetap sehat. Lalu, apa yang dimaksud dengan pola makan sehat? Pola makan sehat merupakan sebuah kebiasaan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

    Bila Kawan Mula bertanya mengenai apa manfaat menjaga pola makan yang sehat, tentu ada beragam manfaatnya bagi kesehatan. Pola makan yang sehat dapat mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes, obesitas, hingga masalah kesehatan jantung lainnya karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Lalu, bagaimana cara menjaga pola makan sehat? Berikut ini contoh pola makan sehat yang bisa diterapkan dalam keseharian.

    1. Konsumsi Makanan yang Sehat

    Untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi seimbang, maka Kawan Mula bisa memilih menu makanan yang bervariasi, seperti nasi dengan lauk pauk dan sayuran. Variasi menu makanan adalah kunci dari pola makan yang sehat. Mengutip dari laman theconversation.com, ternyata tips menerapkan pola makan sehat ini dapat membuat rasa ketertarikan pada makanan lebih lama dan memberi rasa kenyang.

    2. Kurangi Garam dan Gula

    Garam dan gula menjadi dua bumbu yang ternyata harus dibatasi. Dilansir dari situs nhs.uk, batasan konsumsi garam adalah kurang dari 6g per harinya. Cara ini wajib hukumnya untuk kurangi risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Sedangkan, batasan takaran gula sekitar 12 sendok minum. Lebih baik, Kawan Mula pilih dengan pemanis alami seperti madu yang sudah terbukti baik khasiatnya.

    Mengonsumsi gula dan garam secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas, hipertensi, memicu penyumbatan terhadap arteri, stroke, merusak fungsi otak, merusak gigi, hingga menyebabkan gagal ginjal. Selain menyebabkan masalah kesehatan, hal ini juga dapat berdampak pada produktivitas harian karena menurunnya fungsi organ dalam tubuh.

    3. Kurangi Lemak dan Minyak

    Melansir dari laman healthline, kandungan minyak dan lemak dari makanan yang dikonsumsi dapat berbahaya bagi kesehatan karena bisa meningkatkan kolesterol. Karena itu, mengonsumsi buah dan sayuran akan lebih baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Gunakan juga minyak yang tak jenuh untuk memasak. Biasanya, jenis minyak ini berupa minyak kelapa, minyak alpukat, atau minyak zaitun.

    4. Perbanyak Asupan Protein

    Protein bisa kawan mula dapatkan dari mengonsumsi daging. Daging sendiri juga diikuti kandungan iron, vitamin B, A, dan seng. Asupan protein yang cukup dapat mengurangi risiko penyakit sarcopenia pada usia lanjut. Sarcopenia merupakan kondisi penurunan massa otot di mana kekuatan otot sudah mulai menurun. Biasanya, hal ini terjadi pada mereka yang sudah lanjut usia. Kawan Mula juga bisa coba konsumsi gandum utuh dalam bentuk cracker, roti, oatmeal, ikan tuna, ataupun ikan kod yang dapat membuat kenyang.

    5. Jangan Lupa Sarapan Pagi

    Meski berkesan sepele, ternyata sarapan pagi berperan penting dalam menggantikan energi dan nutrisi yang hilang dari dalam tubuh. Dengan mengonsumsi menu sarapan yang sehat, aliran darah ke otak akan lebih lancar. Sehingga pikiran menjadi lebih fokus, meningkatkan daya konsentrasi, dan kemampuan dalam memecahkan masalah Tubuh tidak mendapat asupan sama sekali hampir selama 10 jam saat tidur malam. Untuk itu, menu sarapan pagi yang ideal adalah oatmeal, telur, roti gandum, dan buah pisang.

    6. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

    Segala jenis buah dan sayuran hijau sangat baik baik kesehatan tubuh. Konsumsi harian untuk orang dewasa adalah 2.5 gelas sayuran, 2 gelas buah, 180g biji bijian, dan 160g daging dan kacang

    Itulah beberapa contoh menerapkan pola makan yang sehat yang bisa kita lakukan setiap hari. Untuk membuat makanan sehat, tentu diperlukan berbagai cara pengolahan yang tepat juga.

    Awal Mula sebagai platform e-Commerce produk kesehatan lokal, dapat membantu setiap orang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehatnya dengan menyediakan berbagai macam bahan makanan dan bumbu dapur yang menyehatkan.