Tentang KamiBergabung Menjadi Mitra Mula

  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • A
  • B
  • C
  • D
  • E
  • F
  • G
  • H
  • I
  • J
  • K
  • L
  • M
  • N
  • O
  • P
  • Q
  • R
  • S
  • T
  • U
  • V
  • W
  • X
  • Y
  • Z
  • Yoga Seru yang Jarang Diketahui beserta Tekniknya: AntiGravity Yoga!

    September 29, 2021

    4.9 Min Read

    Yoga Seru yang Jarang Diketahui beserta Tekniknya: AntiGravity Yoga!

     

    Kawan Mula ada yang tahu atau bahkan menggeluti antigravity yoga? Atau masih belum familiar dengan olahraga satu ini? So, antigravity yoga atau disebut juga aerial yoga adalah bentuk yoga baru di mana terdapat kain sutra atau hammock yang digantung di langit-langit atap sehingga Gerakan yoga dapat dilakukan di udara, menopang tubuh melawan gravitasi.

     

    Salah satu manfaat melakukan latihan yoga ini ternyata bisa melatih otak untuk berfungsi lebih baik yang melatih proprioseptor, dimana merupakan reseptor sensorik dalam tubuh yang memberi tahu Kawan Mula dimana Kawan Mula berada dalam ruang dan waktu, dengan berayun ke depan dan ke belakang, dengan berputar, dengan menyeimbangkan posisi di lantai. Ini meningkatkan koneksi sinaptik dan jalur saraf, meningkatkan kemampuan untuk belajar. Terlihat menyeramkan memang ya Kawan Mula, namun sebetulnya tidak semenyeramkan itu apabila dilakukan dengan teknik dan posisi yang tepat. Beberapa teknik dan pose yang dapat Kawan Mula terapkan yaitu:

    Aerial Lunges

    Letakkan tangan Kawan Mula di pinggul. Saat menarik napas, condongkan tubuh ke depan ke posisi lunge dengan kaki kanan sambil menjaga kaki kiri tetap menempel kuat ke lantai, meregangkan otot quad dan fleksor pinggul kiri. Saat menghembuskan napas, tekan kaki kanan dengan kuat ke hammock dan kembali ke posisi awal. Ulangi 4 kali lagi di sisi kanan, lalu ganti sisi kiri.

    Half Boat Pose

    Kembalikan kedua kaki ke lantai dan berdiri di tengah matras di depan hammock. Raih ke atas dan ke belakang untuk memegang kedua sisi hammock dan geser lengan Kawan Mula seolah-olah itu adalah dua tali ransel. Kemudian geser tangan ke bawah, tarik sampai tangan setinggi pinggul dan pergelangan tangan bagian dalam Kawan Mula bersandar pada pinggul. Berdiri berjinjit.

     

    Reclining Angle Pose

    Dari pose half boat, pertahankan kaki Kawan Mula sejauh mungkin dan condongkan tubuh ke belakang, biarkan tangan meluncur ke bawah ke arah pinggul. Jika merasa stabil setelah terbalik, Kawna Mula dapat melepaskan tangan ke lantai, merentangkan lengan lebar-lebar di atas matras, telapak tangan menghadap ke bawah atau ke arah langit-langit. Biarkan kaki menjadi berat, tenggelam ke lantai. Libatkan perut bagian bawah untuk memperpanjang tulang belakang lumbar, dan gerakkan tulang ekor ke arah tumit untuk membantu Kawan Mula menyeimbangkan badan. Ambil 5 napas lambat dan secara dalam.

     

    One-Legged King Pigeon Pose

    Dari reclining angle pose, angkat kepala untuk melihat kaki Kawan Mula. Tekuk lutut kanan untuk menyilangkan tulang kering di satu sisi tempat tidur gantung (jika membutuhkan dukungan ekstra, pegang sisi hammock untuk melakukan ini.) Turunkan kepala (dan lengan, jika Kawan Mula memindahkannya) kembali ke lantai.

     

    Bound One-Legged King Pigeon Pose

    Dari one – legged king pigeon pose, raih ke belakang dengan kedua tangan untuk menggenggam kaki kiri atau pergelangan kaki Kawan Mula. Jika memiliki kelenturan, pegang pergelangan kaki dengan kedua tangan. Setelah Kawan Mula dalam pose terikat, terus biarkan tulang paha kiri menjadi berat dan tenggelam ke lantai. Tahan selama 5 napas lambat dan dalam sebelum melepaskan kaki kiri Kawan Mula. Kemudian kembali ke reclining angle pose. Coba pose di sisi lain. Untuk keluar dari hammock, pegang kedua sisi dengan kedua tangan dan duduk. Lepaskan kait kaki yang bengkok, dan letakkan kedua kaki di lantai.

    Hayo, sudah mulai tertarik belum Kawan Mula dengan jenis yoga unik satu ini? Apabila ingin melakukan antigravity yoga disarankan agar bisa mempersiapkan fisik dan mental yah. Dikarenakan gerakan – gerakan yang dilakukan di udara dapat membuat Kawan Mula tidak terbiasa dengan efek yang ditimbulkan ketika gerakan dilakukan. Untuk pemula, bisa lakukan kelima teknik di atas didampingi oleh personal trainer yang ahli dalam antigravity yoga yah! Disarankan pula untuk memiliki hammock pribadi terutama ditengah pandemic COVID – 19. Apabila sudah selesai melakukan antigravity yoga, hammocknya bisa dibersihkan dengan berbagai produk pembersih yang tersedia di Awal Mula, seperti natural laundry detergent dari Purefyl yang ramah lingkungan.