Resep Bakso Tusuk Bakar Tempe

admin

12, January 2022

: 5 menit

: -

Resep Bakso Tusuk Bakar Tempe

Memilih menu makanan sehat memang sudah menjadi suatu keharusan ya, Kawan Mula. Selain untuk menjaga kesehatan, makanan sehat juga bisa membuat mood lebih baik loh. Sekarang sudah banyak berbagai macam diet yang bisa kamu coba, salah satunya adalah vegetarian. Vegetarian adalah pola makan yang berfokus pada konsumsi makanan yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Menu vegetarian pun kini sudah beragam loh, gak cuma gitu-gitu aja.

Menu vegetarian memang kadang identik dengan rasa hambar dan juga harganya yang cenderung mahal. Tapi, kabar baik buat kamu anak kos dan orang-orang yang mencari alternatif makanan vegetarian terjangkau, kamu bisa bikin menu vegetarian kamu sendiri loh. Awal Mula sudah menyediakan beberapa pilihan menu vegetarian yang simple, mudah dibuat, dan tidak perlu biaya mahal untuk cari bahan-bahannya. Yuk, coba lihat menu vegetarian yang bisa kamu coba di rumah.

Kawan Mula pernah coba jajanan bakso tusuk gak nih? Jajanan masa kecil ini emang cocok banget buat pengisi perut di kala lapar. Tapi, buat kamu yang sedang menjalani diet vegetarian, bakso yang biasanya dibuat dari daging ini bisa diganti dengan tempe loh. Gimana sih cara bikinnya?

Tempe adalah makanan yang pasti tidak asing buat kamu nih. Makanan fermentasi dari kacang kedelai ini sudah menemani hidup kita sebagai orang Indonesia. Rasa khas tempe dan struktur yang sangat berbeda dari tahu ini selain murah juga bisa bikin ketagihan. Beragam kandungan pada tempe menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Tempe atau dalam bahasa Inggris tempeh telah diakui sebagai makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai (Glycine max). Proses fermentasi tempe memanfaatkan beberapa jenis kapang Rhizopus atau dikenal sebagai “ragi tempe”.

Sumber protein nabati dalam hidangan sehari-hari ini telah banyak diteliti kandungannya, tidak hanya oleh orang Indonesia melainkan juga para peneliti di luar sana. Di samping makanan fermentasi lain yang lebih populer, seperti yogurt atau kimchi, hal ini tidak menurunkan citra tempe sebagai produk yang paling diterima dan banyak diteliti.

Bahan - Bahan:

  • 150 gr tempe
  • 150 gr tepung tapioka
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • Kecap manis secukupnya

Cara Membuat:

  1. Kukus tempe kurang lebih 20 menit atau hingga empuk. Hancurkan selagi hangat dan haluskan bersama bawang putih, garam, merica, dan telur.
  2. Setelah benar-benar halus, campur dengan tepung tapioka, beri air sedikit demi sedikit jika terlalu padat dan handuk hingga bisa dibentuk.
  3. Tusuk adonan yang sudah bulat ke tusuk sate.
  4. Bakar sate dan olesi dengan kecap manis hingga matang. Bakso tusuk bakar tempe siap dinikmati!