Breakfast Wraps Rendah Kalori

admin

19, January 2022

: 5 menit

: -

Breakfast Wraps Rendah Kalori

Kawan Mula tim yang suka sarapan gak sih? Buat kamu yang rutin dan gak bisa melewatkan sarapan, kali ini Awal Mula akan membagikan resep yang cocok untuk menemani kamu sarapan menggunakan telur, sosis, keju dan sayuran. Resep breakfast wrap ini pastinya mudah dan bisa dibuat di rumah ya.

Buat kamu yang mungkin masih bingung, wrap kali ini menggunakan bahan dasar telur. Jadi, wrap-nya tidak mengandung tepung ya. Selain dibuat dari ham, resep kali ini juga akan menggunakan keju cheddar. Kalau kamu belum tau, manfaat dari keju itu banyak loh untuk tubuh kita. Beberapa manfaat dari keju untuk tubuh kamu adalah menjaga kesehatan gigi, memelihara kekuatan dan kesehatan tulang, menyehatkan saluran pencernaan, hingga menurunkan tekanan darah.

Kalau kamu lagi bingung mau masak apa untuk sarapan, maka resep breakfast wrap  ini bisa banget kamu coba ya. Selain gak pake lama, resep ini juga cocok banget untuk kamu yang menjalankan pola makan bebas gluten, karena resep ini menggunakan bahan-bahan yang bebas gluten. Orang-orang yang biasanya menghindari gluten adalah mereka yang mengidap penyakit celiac.

Penyakit celiac adalah kelainan autoimun yang diturunkan, karena intoleransi terhadap gluten, protein yang ditemukan dalam gandum, gandum hitam, dan jelai. Ini menyebabkan radang usus kecil dan dapat menyebabkan kekurangan nutrisi (zat besi, kalsium, folat, dan berbagai mineral). Gejala penyakit celiac adalah kenaikan berat badan yang buruk, penurunan berat badan, sakit perut atau kembung, diare, sembelit, pertumbuhan yang buruk, muntah, ruam kulit, sariawan.

Oleh karena itu penderita celiac harus memperhatikan asupan makanan yang masuk terutama yang tidak mengandung gluten atau yang biasa kita sebut gluten free. Gluten sendiri adalah salah satu jenis protein yang terkandung di dalam biji-bijian, seperti gandum dan barley atau jelai. Gluten juga dapat ditemukan di beberapa jenis makanan olahan, seperti pasta, roti, dan sereal. Tenang aja, resep ini tidak mengandung tepung kok.

Yuk, langsung aja liat resepnya!

Bahan – Bahan Sarapan Rendah Kalori:

  • 4 butir telur besar
  • 1/4 susu
  • 1 sdm mentega
  • 6 sosis sarapan, dimasak sesuai petunjuk kemasan
  • 1 1/2 parutan cheddar (keju), bagi sesuai keinginan
  • 1 buah alpukat, potong tipis-tipis
  • 1/2 buah tomat anggur, belah empat
  • Garam
  • Lada hitam yang baru digiling
  • 1 sdm daun bawang cincang

Cara Membuat:

  1. Dalam mangkuk besar, kocok telur dan susu. Bumbui dengan garam dan merica.
  2. Dalam wajan sedang di atas api sedang, lelehkan mentega. Tuang 1/3 campuran telur ke dalam wajan, bergerak untuk membuat lapisan tipis yang menutupi seluruh wajan.
  3. Masak selama 2 menit. Tambahkan 1/2 cangkir cheddar (keju) dan tutup selama 2 menit lagi, sampai keju meleleh.
  4. Tambahkan sosis, alpukat, dan tomat ke tengah bungkus telur. Dengan menggunakan spatula, lipat kedua ujungnya di atas isian dan tutup dengan "lem" dengan keju cair. Angkat dari panci.
  5. Hiasi dengan daun bawang dan sajikan.