Resep Sagon Bakar Bebas Gluten

admin

12, January 2022

: 5 menit

: -

Resep Sagon Bakar Bebas Gluten
Kawan Mula suka dengan cemilan tempo dulu gak nih? Kalau iya, kamu sudah pernah dengar atau coba yang namanya sagon bakar belum? Nah, sagon bakar sendiri adalah cemilan yang berbahan dasar sagu dan kelapa ini memiliki rasa yang gurih, manis, dan legit. Cocok untuk dikonsumsi sambil minum kopi atau teh hangat. Tepung sagu yang digunakan sangat menentukan kualitas dari sagon bakar. Selain itu, kadar air juga menjadi penentu keberhasilan produk sagon bakar, karena jika tepung sagu memiliki kadar air yang lebih dari ketentuan, maka sagon bakar yang dihasilkan juga tidak akan tercampur rata, dan bahkan akan muncul adonan yang berbutiran kasar yang tidak rata. Kalau kamu mau mencoba membuat sagon bakar sendiri, cek resepnya di bawah ini ya!

Bahan-Bahan Sagon Bakar

  • 100 gr sagu Sapapua 
  • 500 gr kelapa kering 
  • 2 sdm atau 35 gr gula halus 
  • Setengah sdt garam
  • 2 lembar daun pandan 
  • 6 sdt air

Cara Membuat Sagon Bakar

  1. Pertama-tama, ayak sagu Sapapua, lalu sangrai bersama daun pandan dengan api kecil.
  2. Angkat lalu dinginkan. Setelah itu, campurkan semua bahan dengan sagu yang sudah disangrai, aduk rata.
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dicetak menggunakan cetakan kue sagon. Tekan dan padatkan adonan ke dalam cetakan.
  4. Panggang kue sagon bersama cetakannya menggunakan oven dengan suhu 150 Celcius selama 20 menit. Angkat, dinginkan, lalu keluarkan dari cetakan.
  5. Setelah dingin, sagon bakar bisa dikeluarkan dari cetakan  dan kemudian dapat dimasukkan ke dalam toples.