Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

Kawan Mula dan Mitra Mula, selamat datang di awalmula.co.id.

Dokumen ini merupakan Perjanjian Penggunaan Layanan Situs awalmula.co.id (“Perjanjian”) antara Kamu selaku pengguna situs awalmula.co.id dengan Kami / PT. ELING JANJI PERTAMA (“EJP”) sebagai pengelola situs awalmula.co.id.

Sebelum menggunakan Layanan Situs awalmula.co.id, Kamu diwajibkan untuk membaca, memahami, dan menyetujui semua persyaratan dan ketentuan di bawah ini. Mohon untuk dapat membaca dengan hati-hati atas isi Perjanjian ini. Dengan melanjutkan penggunaan situs awalmula.co.id maka Kamu dinyatakan telah menyetujui untuk terikat dengan Perjanjian ini dengan EJP. Apabila Kamu tidak menerima atau menyetujui sebagian dari isi Perjanjian maka Kamu tidak diperbolehkan untuk melanjutkan penggunaan situs awalmula.co.id.

Berkaitan penggunaan situs awalmula.co.id, baik EJP maupun Anda dilindungi secara hukum berdasar peraturan tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Hak Kekayaan Intelektual maupun berdasar Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang berlaku di Republik Indonesia.

Awal Mula dijalankan dengan tujuan mendukung pemenuhan ketentuan Pasal 12 PP Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE); dimana Pelaku Usaha wajib membantu program Pemerintah untuk mengutamakan perdagangan Barang dan/atau Jasa hasil produksi dalam negeri, meningkatkan daya saing Barang dan/atau Jasa hasil produksi dalam negeri dan menyediakan fasilitas ruang promosi Barang dan/atau Jasa hasil produksi dalam negeri.

2.1

EJP dan/atau para pemberi lisensi adalah pemilik yang sah atas materi yang terdapat dalam situs awalmula.co.id, termasuk dan tidak terbatas pada merek dagang dan/atau hak kekayaan intelektual, piranti lunak, grafik, data, atau muatan lain darinya. Materi yang terdapat dalam situs ini dicantumkan dengan seizin dari pemilik materi yang bersangkutan dan oleh karenanya dilindungi oleh Undang-Undang RI No. 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta.

2.2

Situs awalmula.co.id berisi materi informasi/data yang sah dan didaftarkan sesuai ketentuan yang berlaku, penyalahgunaan informasi/data yang telah terdaftar secara sah adalah pelanggaran hukum dan dapat dituntut menurut ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Materi informasi/data dimaksud tidak terbatas pada trademark, desain, tampilan, antar muka, dan grafis.

2.3

Nama dan logo ”Awal Mula” telah terdaftar secara resmi di Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, Direktorat Jenderal Hak Cipta dan Hak Kekayaan Intelektual Republik Indonesia. Pihak lain dilarang oleh undang- undang untuk menggunakan atau mengatas-namakan dengan nama dan/atau logo ”Awal Mula” untuk kepentingan pribadi dan kelompok tertentu tanpa kuasa tertulis yang diberikan khusus untuk itu, dengan atau tanpa sepengetahuan Awal Mula. Pelanggaran terhadap hal ini akan dikenai pasal pelanggaran hak cipta dan hak kekayaan intelektual.

2.4

Tindakan hukum akan dilakukan apabila ditemui tindakan percobaan, baik yang disengaja atau tidak disengaja, untuk mengubah, mengakses halaman situs awalmula.co.id secara paksa yang dibuat bukan untuk konsumsi publik, atau merusak situs Awal Mula dan/atau perangkat server yang termuat di dalamnya, tanpa izin khusus yang diberikan oleh pengelola resmi dan sah.

2.5

Pengunjung dan/atau Pembeli tidak diperbolehkan mengambil data ataupun gambar dari situs awalmula.co.id tanpa persetujuan pihak Awal Mula.

2.6

Pengunjung dan/atau Pembeli tidak diperbolehkan memperbanyak, menyebarluaskan, menjual, mengubah, menyalin, mengirimkan, menggandakan, menerbitkan, memberi izin terhadap semua materi yang diperoleh dari situs awalmula.co.id.

2.7

Pengunjung dan/atau Pembeli dapat menampilkan secara elektronik, menyalin, mengambil, dan mencetak dari materi yang terdapat di dalam situs awalmula.co.id ini untuk keperluan sendiri dan bukan untuk diperjualbelikan atau untuk kepentingan yang bersifat komersial.

3.1

Kamu selaku Pengunjung dan/atau Pembeli berhak memperoleh produk/jasa sesuai spesifikasi yang telah dibayar penuh oleh Pengguna dan pembelian produk/jasa tidak dapat diretur atau dibatalkan secara sepihak diluar ketentuan mengenai retur atau pembatalan yang disepakati.

3.2

Kamu selaku Pengunjung dan/atau Pembeli berhak memilih metode pembayaran yang disediakan di situs awalmula.co.id.

3.3

Kamu selaku Pengunjung dan/atau Pembeli berkewajiban membayar penuh untuk transaksi yang dilakukan sesuai dengan ketentuan transaksi.

3.4

Kamu selaku Pengunjung dan/atau Pembeli bertanggung jawab untuk penggunaan atau perbuatan yang dilakukan di situs awalmula.co.id.

3.5

Kamu selaku Pengunjung dan/atau Pembeli menyetujui untuk membebaskan dan mengganti rugi EJP beserta afiliasi dari segala perbuatan yang dilakukan Pengguna yang melanggar hukum maupun ketentuan dalam Perjanjian.

3.6

Kamu selaku Pengunjung dan/atau Pembeli dilarang melakukan kecurangan (fraud) dalam penggunaan situs awalmula.co.id yang merugikan EJP ataupun pihak ketiga.

Semua pemesanan yang terjadi akan diperiksa oleh tim Awal Mula. Tim Awal Mula akan melakukan konfirmasi alamat dan bukti pembayaran dari Kamu sebelum pesanan diproses. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk transaksi yang telah dilakukan, yaitu sebagai berikut:

4.1

Harga dan pemesanan stok produk tidak mengikat kami, bila pemesan belum menyelesaikan transaksi pembelian dan melakukan pembayaran.

4.2

Pemesanan dan pengiriman hanya dapat dilakukan sebatas wilayah/ kota-kota yang dilayani oleh jasa ekspedisi yang ditunjuk.

4.3

Apabila dianggap perlu kami dapat meminta pembeli untuk melampirkan fotokopi identitas.

4.4

Metode pembayaran yang berlaku dan sah mengikuti ketentuan Informasi Pembayaran Awal Mula, yaitu: Bank Transfer, Virtual Account, dan E-Wallet (QRIS, OVO, LinkAja, dan DANA). Metode pembayaran lain diluar pilihan tersebut berakibat tidak diakuinya transaksi oleh Kami.

5.1

Transaksi hanya dapat dibatalkan sebelum barang dikirim ke alamat Pembeli

5.2

Pembatalan hanya dapat dilakukan dengan menghubungi layanan pelanggan kami.

5.3

Pengguna menyetujui jika terjadi ketidaksesuaian informasi dalam situs maka Kami berhak dengan kebijakan mutlak untuk membatalkan transaksi atau tetap melanjutkan proses transaksi dengan melakukan koreksi ketidaksesuaian informasi.

5.4

Kami berhak sepenuhnya menolak transaksi tanpa harus menyebutkan alasan yang jelas dan bila Pembeli telah melakukan pembayaran maka nilai pembayaran akan dikembalikan secara penuh ke Pembeli.

5.5

Barang yang telah dikirimkan dengan alasan apapun tidak dapat dibatalkan atau ditukar selain berdasar Syarat dan Ketentuan ini.

5.6

Pembeli berhak mengajukan pengembalian produk kepada Awal Mula dalam waktu 3 (tiga) hari sejak status pengiriman dinyatakan berhasil oleh ekpedisi, jika produk yang diterima Pembeli ternyata:

5.6.1

Terjadi kesalahan/ tidak sesuai pesanan kecuali keluhan perubahan nama atau tampilan kemasan yang dikirimkan mungkin yang terbaru yang tidak ter-update pada produk detail

5.6.2

Kemasan rusak atau cacat yang mempengaruhi isi produk Pembeli harus mengirimkan email ke: cs@awalmula.co.id atau Whatsapp ke +62 811-3223-9709, yang berisi informasi berikut:

  • Nomor Invoice
  • Nama Lengkap
  • Nomor Telepon
  • Detail keluhan terhadap produk yang diterima
  • Foto produk sebagai bukti keluhan
Awal Mula akan mempertimbangkan pengajuan penukaran dari Pembeli dan juga kebijakan penukaran dari penjual maupun Awal Mula dan berhak memutuskan apakah pengajuan penukaran sah atau tidak, Jika ya, maka Penjual atau Awal Mula memiliki 2 (dua) pilihan untuk menyelesaikan protes dari Pembeli, yaitu:
  • Menukar produk yang sesuai dengan keinginan Pembeli. Produk yang diterima untuk kemudian yang ditukar (setelah pertimbangan kronologi kasus dan pengecekan detail) adalah produk dalam kondisi baru dan belum dibuka
  • Membatalkan transaksi dan uang dikembalikan kepada Pembeli (dalam bentuk voucher, tidak dalam bentuk tunai)
Untuk kedua pilihan diatas, Penjual dan Awal Mula dapat menentukan apakah produk yang sudah diterima Pembeli perlu dikirim kembali ke Penjual atau Awal Mula, dengan mempertimbangkan:
  • Kondisi barang (sudah pecah/ rusak atau masih dalam kondisi baik)
  • Ongkos kirim jika dibandingkan dengan harga produk
  • Permintaan maaf kepada pembeli
Awal Mula dan Penjual juga akan mendiskusikan konsekuensi dari solusi terutama berkaitan dengan:
  • Perlu tidaknya produk awal dikembalikan ke Penjual atau Awal Mula dan jasa pengiriman yang akan digunakan
  • Penanggung ongkos kirim (untuk produk awal ke Penjual atau Awal Mula dan untuk produk baru ke Pembeli) adalah Pembeli
  • Perkiraan waktu kapan produk akan dikirim Penjual atau Awal Mula dan diterima Pembeli.

6.1

Pengunjung dilarang memasang atau komentar yang berpotensi menimbulkan perselisihan, permusuhan, kebencian, dan sebagainya. Dilarang memasang gambar-gambar yang tidak senonoh (misalnya yang berbau pornografi atau berbau SARA), baik postingan, maupunisignature. Dilarang melakukan black campaign dan flood message, jika Pengunjung melakukan black campaign dan/atau flood messagemaka keanggotaan Pengunjung akan diblokir dan ditutup.

6.2

Pengunjung tidak diperkenankan untuk melakukan posting iklan dalam bentuk apapun yang berisi informasi yang bersifat palsu, menyesatkan, atau mengandung virus komputer apapun di situs awalmula.co.id ini. Dan juga, iklan yang dimasukkan tidak diperkenankan jika melibatkan/termasuk dalam kategori produk-produk dari perusahaan kompetitor dari awalmula.co.id.

6.3

Dilarang menggunakan situs awalmula.co.id ini selain untuk keperluan yang telah ditetapkan, namun tidak terbatas pada modifikasi, penggandaan, penyebarluasan, penerbitan kembali, atau pengiriman isi dari Situs awalmula.co.id ini, tanpa ijin terlebih dahulu dari awalmula.co.id.

6.4

Dilarang keras untuk melanggar atau mencoba melanggar larangan keamanan dari situs awalmula.co.id, termasuk namun tidak terbatas pada mencoba untuk menembus, memindai, atau menguji kerapuhan dari sistem atau jaringan atau mencoba untuk menembus keamanan atau ukuran yang bersifat otentik tanpa ijin resmi, mencoba untuk mengganggu layanan terhadap pengunjung manapun, induk ataupun jaringan atau mengirim email yang tidak diizinkan. Pelanggaran terhadap keamanan sistem ataupun jaringan dapat berakibat tuntutan hukum ataupun sipil.

6.5

Awal Mula atau pihak-pihak yang ditunjuk berhak untuk menutup semua atau setiap bagian dari Situs awalmula.co.id ini, dan berhak untuk merubah, memperbaiki atau memperbaharui keseluruhan atau sebagian isi Situs awalmula.co.id ini setiap saat tanpa pemberitahuan sebelumnya. Awal Mula atau pihak-pihak yang ditunjuk tidak bertanggung jawab atas semua kerusakan langsung, tidak langsung, sebagai akibat yang ditimbulkan atau berkaitan dengan pengaksesan, penggunaan atau unduh atas materi yang dalam Situs awalmula.co.id ini.

6.6

Awal Mula memiliki hak penuh untuk membatasi penggunaan layanan, termasuk pembatasan waktu penayangan konten di situs awalmula.co.id, ukuran konten, pesan email atau konten dalam bentuk lainnya. Pengunjung mengakui bahwa awalmula.co.id tidak perlu memenuhi kewajiban kepada pihak manapun untuk perubahan, penghentian atau penundaan layanan.

6.7

Setiap Pengunjung bertanggung jawab terhadap seluruh komunikasinya sendiri dan bertanggung jawab terhadap konsekuensi dari postingnya. Awal Mula tidak mewakili atau menjamin kejujuran, keakuratan, keandalan dari seluruh komunikasi yang dimasukkan oleh pengunjung lainnya atau mendukung pendapat apapun yang diberikan oleh Pengunjung. Keterkaitan apapun oleh pengunjung dengan materi yang dimasukkan oleh pengunjung lainnya akan ditanggung langsung oleh Pengunjung yang bersangkutan. Awal Mula memiliki hak untuk menyingkirkan pengunjung manapun dan mencegah kelanjutan aksesnya terhadap Situs awalmula.co.id, dalam waktu kapanpun karena sebab pelanggaran situs awalmula.co.id atau pelanggaran hukum dan juga memiliki hak untuk menghapus materi yang melecehkan, ilegal, mengganggu, atau tidak layak.

6.8

Dalam menjelajahi situs awalmula.co.id, memungkinkan pengunjung untuk mengakses situs lain di luar Situs awalmula.co.id. Awal Mula tidak bertanggung jawab atas semua kerusakan dan kerugian baik langsung ataupun tidak langsung, maupun atas kebenaran informasi dan isi di luar Situs awalmula.co.id tersebut.

6.9

Syarat dan Ketentuan ini berlaku sebagai Perjanjian yang mengikat bagi Pengunjung.

6.10

Dalam hal timbul masalah dalam suatu transaksi, Kamu setuju untuk terlebih dahulu berkomunikasi dengan Awal Mula untuk mencapai penyelesaian secara musyawarah mufakat dan Awal Mula akan menggunakan upaya komersial yang wajar untuk memfasilitasi penyelesaian permasalahan. Apabila permasalahan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat, maka Anda, Kawan Mula atau Mitra Mula dapat menyelesaikannya melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) di Kota Surabaya.

7.1

Data Pribadi adalah data perseorangan tertentu yang disimpan, dirawat, dan dijaga kebenaran serta dilindungi kerahasiaannya.

7.2

Data Perseorangan Tertentu adalah setiap keterangan yang benar dan nyata yang melekat dan dapat diidentifikasi, baik langsung maupun tidak langsung, pada masing-masing individu yang pemanfaatannya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

7.3

Persetujuan Pemilik Data Pribadi yang selanjutnya disebut Persetujuan adalah pernyataan secara tertulis baik secara manual dan/atau elektronik yang diberikan oleh Pemilik Data Pribadi setelah mendapat penjelasan secara lengkap mengenai tindakan perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penyimpanan, penampilan, pengumuman, pengiriman, dan penyebarluasan serta kerahasiaan atau ketidakrahasiaan Data Pribadi.

7.4

Segala bentuk informasi yang pengunjung sampaikan kepada Awal Mula melalui situs awalmula.co.id ini termasuk namun tidak terbatas saran, ide, komentar, gambar dan lain-lainnya menjadi hak milik dari Awal Mula dan Awal Mula berhak menggunakan informasi tersebut (kecuali data pribadi) tanpa harus memperoleh persetujuan telebih dahulu dan tanpa harus memberikan kompensasi kepada Pengunjung atau pihak manapun.

7.5

Awal Mula tidak menjual, menyewakan, mengirimkan, atau mengungkapkan informasi data pribadi yang Pengunjung kirimkan kepada pihak ketiga manapun tanpa persetujuan sebelumnya dari pengunjung. Data pribadi yang dimaksud adalah nama, alamat, nomor telepon/faksimile, dan alamat email pengunjung. Awal Mula akan menggunakan data pribadi tersebut atas persetujuan pengunjung untuk pemberitahuan promosi, mengirimkan hadiah dan pemberitahuan lain.

7.6

Data-data pribadi tersebut hanya diketahui oleh Awal Mula dan pihak-pihak yang ditunjuk untuk bisa mengakses data pribadi tersebut. Awal Mula dan pihak-pihak yang ditunjuk tesebut akan menggunakan data pribadi tersebut untuk mengelola promosi, menganalisis data, mengolah data, dan memberikan layanan kepada pengunjung. Pihak-pihak yang ditunjuk ini dilarang memberitahukan data pribadi tersebut kepada pihak ketiga manapun, dilarang menggunakan data pribadi tersebut untuk tujuan lain dan wajib menjaga kerahasiaan data pribadi tersebut. Seluruh data yang Awal Mula terima dianggap benar dan dikirimkan oleh pihak yang berwenang memberikan data tersebut.

8.1

Pengunjung mengakui serta bertanggung jawab atas setiap materi yang pengunjung serahkan untuk Situs awalmula.co.id ini, termasuk legalitas, keaslian, dan hak cipta atas setiap material tersebut.

8.2

Pengunjung dilarang untuk memasang (upload), menyebarluaskan, menulis pesan, menerbitkan melalui Situs awalmula.co.id ini setiap muatan yang memfitnah, mencemarkan nama baik, bersifat pornografi, menghina, merupakan perbuatan tidak menyenangkan, atau yang dapat menimbulkan atau mendorong tindak pidana, dan melanggar hak pihak lain.

9.1

Segala macam jenis informasi (khasiat, berita, testimoni, komentar) dalam situs ini merupakan informasi yang bersifat umum. Penting untuk diketahui bahwa informasi yang ada di situs ini tidak dapat digunakan sebagai dasar atau sebagai cara mendiagnosa kondisi kesehatan atau mengobati penyakit tertentu.

9.2

Awal Mula tidak bertanggung jawab atas ketidakakuratan informasi serta komentar dan testimoni yang diposting oleh pelanggan atau member.

9.3

Diharapkan kebijaksanaan dari pelanggan bahwa efek produk akan berbeda-beda untuk setiap orang tergantung beberapa faktor, seperti usia, jenis kelamin, pola hidup, metabolisme, faktor genetik, tingkat kesehatan, tipe kulit, dan lain-lain.

9.4

Awal Mula tidak bertanggung jawab atas dampak atau efek samping yang dialami oleh pelanggan pada saat menggunakan produk yang disebabkan oleh ketidakcocokan daya tahan tubuh ataupun kulit pelanggan. namun, kami bertanggung jawab penuh untuk ke-ASLI-an semua produk yang kami JUAL.

10.1

Masuk ke akun Awal Mula milikmu. Jika belum memiliki akun, daftar akun Awal Mula.

10.2

Ketik kata kunci produk dalam ‘Kolom Pencarian’ atau pilih 'Kategori' produk untuk pencarian produk yang kamu inginkan.

10.3

Pilih produk yang kamu inginkan dari hasil pencarian, kemudian klik ‘+ Keranjang’.

10.4

Apabila ingin mencari dan membeli produk lainnya juga, ‘Tambah ke Keranjang’ barang yang telah kamu temukan dan lanjutkan berbelanja.

10.5

Klik tombol ‘Lihat Cart/Keranjang’ dan klik tombol 'Lihat Semua'.

10.6

Pastikan kembali produk beserta jumlah yang ingin dibeli.

10.7

'Gunakan voucher' [apabila tersedia].

10.8

Klik 'Lanjutkan ke Pembayaran'.

10.9

Isi data pengiriman selengkapnya.

10.10

'Pilih Kurir Pengiriman' yang tersedia lalu klik 'Berikutnya'.

10.11

Pilih metode pembayaran yang diinginkan, yaitu: Bank Transfer, Virtual Account, dan E-Wallet (QRIS, OVO, LinkAja, dan DANA). Metode pembayaran lain diluar pilihan tersebut berakibat tidak diakuinya transaksi oleh Kami.

10.12

Klik 'Memesan' dan ikuti instruksi pembayaran yang telah diberikan.

Kamu dapat memilih cara pembayaran transaksi di Awal Mula di antaranya melalui:

11.1

Virtual Account

  • BCA Virtual Account
  • BNI Virtual Account

11.2

Bank Transfer

  • BCA
  • BNI

11.3

E-Wallet

  • OVO
  • LinkAja
  • DANA
  • QRIS

12.1

Klik tombol ‘Lihat Cart/Keranjang’ dan klik tombol 'Lihat Semua'

12.2

Pastikan kembali produk beserta jumlah yang ingin dibeli

12.3

'Gunakan voucher' [apabila tersedia]

12.4

Klik 'Lanjutkan ke Pembayaran'

12.5

Isi data pengiriman selengkapnya

12.6

'Pilih Kurir Pengiriman' yang tersedia lalu klik 'Berikutnya'

12.7

Pilih metode pembayaran ‘Transfer Melalui Virtual Account’

12.8

Pilih BCA Virtual Account/BNI Virtual Account

12.9

Klik 'Memesan' dan ikuti instruksi pembayaran yang telah diberikan

13.1

Klik tombol ‘Lihat Cart/Keranjang’ dan klik tombol 'Lihat Semua'

13.2

Pastikan kembali produk beserta jumlah yang ingin dibeli

13.3

'Gunakan voucher' [apabila tersedia]

13.4

Klik 'Lanjutkan ke Pembayaran'

13.5

Isi data pengiriman selengkapnya

13.6

'Pilih Kurir Pengiriman' yang tersedia lalu klik 'Berikutnya'

13.7

Pilih metode pembayaran ‘Transfer Bank (verifikasi manual)’

13.8

Pilih ‘Bank Transfer Payment’

13.9

Klik 'Memesan'

13.10

Mohon selesaikan pembayaran ke nomor rekening a.n PT Eling Janji Pertama:

  • BCA 8640645777
  • BNI 8938889993

13.11

Setelah melakukan pembayaran, klik ‘Konfirmasi Pembayaran’

13.12

Isi data yang diperlukan beserta unggah bukti transfer (.jpg, .jpeg, .png, dan .pdf.)

13.13

Klik ‘Konfirmasi Pembayaran’

14.1

Klik tombol ‘Lihat Cart/Keranjang’ dan klik tombol 'Lihat Semua'

14.2

Pastikan kembali produk beserta jumlah yang ingin dibeli

14.3

'Gunakan voucher' [apabila tersedia]

14.4

Klik 'Lanjutkan ke Pembayaran'

14.5

Isi data pengiriman selengkapnya

14.6

'Pilih Kurir Pengiriman' yang tersedia lalu klik 'Berikutnya'

14.7

Pilih 'Metode Pembayaran' E-wallet (pilih antara OVO, LinkAja, DANA, & QRIS)

14.8

Klik 'Memesan' dan ikuti instruksi pembayaran yang telah diberikan

15.1

Produk yang sudah di pesan akan dikirimkan menggunakan jasa pengiriman:

  • AnterAja
  • JET Express
  • J&T
  • SICEPAT

15.2

Pengiriman barang dilakukan segera setelah kamu melakukan pembayaran.

15.3

Setelah menerima konfirmasi pembayaran, kamu akan menerima email notifikasi bahwa barang telah dikirimkan, disertai dengan resi pengiriman sehingga dapat dilakukan pelacakan.

15.4

Lama waktu pengiriman barang ialah sekitar 1-3 hari kerja, bergantung pada lokasi Anda.

15.5

Besaran ongkos kirim bergantung pada lokasimu. Kamu juga bisa dapatkan gratis ongkos kirim melalui, voucher, kode promo, dantiering membership Awal Mula.

15.6

Apabila ingin memastikan status pesanan, klik akun Awal Mula milikmu.

15.7

Pilih ‘Status Pembelian’ dan kemudian pilih ‘Pesanan Dikirim’

15.8

Klik ‘Lacak’ pada produk yang kamu ingin ketahui status pengirimannya dan akan muncul informasi pengiriman produk.

15.9

Jasa pengiriman Awal Mula mencakup area seluruh Indonesia. Mohon maaf, Awal Mula belum melayani pengiriman keluar negeri.

15.10

Apabila pesanan belum sampai melampaui perkiraan waktu yang ditentukan, silahkan hubungi cs@awalmula.co.id.

Apabila pesanan rusak dan pecah dikarenakan oleh pengiriman, segera foto pesanan yang pecah atau rusak, kemudian ajukan permintaan pengembalian barang ke Awal Mula.

16.1

Kemasan rusak atau cacat yang mempengaruhi isi produk Pembeli harus mengirimkan email ke: cs@awalmula.co.id atau Whatsapp ke +62 811-3223-9709, yang berisi informasi berikut:

  • Nomor Invoice
  • Nama Lengkap
  • Nomor Telepon
  • Detail keluhan terhadap produk yang diterima
  • Foto produk sebagai bukti keluhan

16.2

Awal Mula akan mempertimbangkan pengajuan penukaran dari Pembeli dan berhak memutuskan apakah pengajuan penukaran sah atau tidak. Jika ya, maka Awal Mula memiliki 2 pilihan untuk menyelesaikan pengaduan dari Pembeli yaitu:

  • Menukar produk yang sesuai dengan keinginan Pembeli
  • Melakukan pengembalian/refund berupa Poin pada website Awal Mula

16.3

Awal Mula hanya menerima pengaduan kerusakan produk yang dilakukan dalam waktu 2 x 24 jam sejak produk tiba di alamat pengiriman.

16.4

Apabila mengalami kendala pesanan karena hilang di jasa pengiriman, hubungi cs@awalmula.co.id.

17.1

Ruang Lingkup

17.1.1

Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.

17.1.2

Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan/atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

17.2

Hak Cipta / Copyright

17.2.1

Media Siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

17.3

Sengketa

17.3.1

Penilaian akhir atas sengketa untuk pelaksanaan Pedoman Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers Republik Indonesia.